Tips dan Trik agar mencontoh Skripsi Tidak Sama Dengan Melakukan Plagiat

Tips dan Trik agar mencontoh Skripsi Tidak Sama Dengan Melakukan Plagiat Tips dan Trik agar mencontoh Skripsi Tidak Sama Dengan Melakukan Plagiat tesisPembuatan skripsi pada dasarnya adalah kegiatan mencontoh. Anda tidtesisak bisa membuat penulisan skripsi jika tidak mencontoh dari sumber-sumber penulisan yang lain seperti artikel, opini, berita, dokumentasi, buku, tugas akhir yang lain, dan sumber-sumber lain yang bersifat ilmiah. Namun demikian, karena penulisan skripsi adalah kegiatan yang bersifat formal, maka ada cara-cara tertentu dalam mencontoh. Jika anda mengikuti cara-cara tersebut maka anda dapat mengerjakan tugas akhir skripsi dengan mudah tanpa menyanding label seorang plagiat.

Etika Mencontoh

Walaupun tidak terlalu direkomendasikan mahasiswa bisa mengkutip sumber atau referensi dari suatu skripsi untuk digunakan di skripsi yang akan dia buat. Namun demikian, ada etikanya dalam dalam mengkutip atau mencontoh suatu skripsi. Etika yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut:

– Sumber asli yang Anda kutip sulit untuk dicari. Dengan demikian, jika buku asli yang ingin anda gunakan merupakan buku yang gampang dicari, lebih baik mengkutip dari buku aslinya. Beberapa contoh buku yang gampang ditemui misalnya adalah Manajemen Pemasaran dari Hani Handoko, Manajemen Sumber Daya Manusia dari Henry Simamora, teori Kepuasan Pelanggan dari Fandi Ciptono, Buku Periklanan dari Frans Jefkin, dan lain sebagainya.

– Jangan mengkutip terlalu banyak teori dari satu buku. Usahakan menggunakan kombinasi buku-buku, artikel, hasil seminar, opini, berita yang terbaru untuk mendukung penelitian anda. Buku-buku yang anda gunakan dan tercantum di daftar pustaka sebenarnya bukan hanya untuk gaya-gaya saja. Semakin banyak buku referensi yang digunakan seharusnya menunjukkan bahwa semakin banyak buku yang pernah anda baca, anda pelajari, dan anda pahami.

Teknik Kutip Mengkutip

Mencontoh dalam hal ini selanjutnya saya sebut sebagai mengkutip. Ada dua bentuk kutipan, yaitu : mengutip langsung dan mengutip tidak langsung. Perbedaaannya terlihat pada bentuk kutipan. Jika menggunakan kutipan langsung, anda tidak mengubah atau memberikan tambahan pada naskah yang asli. Adapun karakteristik dari kutipan langsung adalah sebagai berikut:
– Tulisan yang di kutip tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan naskah aslinya
– Penulisan biasanya di awali dan di akhiri dengan tanda kutip “ ”
– Untuk penulisan kutipan yang terdiri dari 4 baris atau lebih biasanya dibuat menjadi satu (1) spasi
– Diberikan tulisan sumber kutipan

Adapun yang dimaksud dengan kutipan tidak langsung adalah bentuk kutipan yang diintegrasikan dengan teks. Karakteristik dari kutipan tidak langsung adalah sebagai berikut:
– Kutipan menjadi satu dengan naskah teks tugas akhir.
– Tidak ada perbedaan jarak antar baris dengan teks yang asli
– Tidak perlu dicantumkan tanda kutip
– Diberikan tulisan sumber kutipan

Incoming search terms:

Satu pemikiran pada “Tips dan Trik agar mencontoh Skripsi Tidak Sama Dengan Melakukan Plagiat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *