Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling

Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling tesisSkripsi bimbingan konseling adalah suatu skripsi yang wajib disusun oleh mahasiswa yang mengambil jurusan dengan program studi bimbingan konseling. Bimbingan konseling sendiri merupakan suatu proses pemberian bantuan oleh seorang ahli konseling (yang biasa disebut dengan konselor) kepada individtesisu (yang biasa disebut dengan konseli) yang sedang mengalami suatu masalah, dimana bantuan tersebut dilakukan melalui wawancara konseling. Konseli akan memperoleh saran-saran atau penyelesaian dari konselor untuk mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, konselor juga akan membantu konseli dalam memanfaatkan berbagai potensi dan sarana yang dimiliki, sehingga konseli tersebut dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri, serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan hidup.

Sebelum anda mulai menyusun skripsi bimbingan konseling, anda harus paham tentang fungsi dan tujuan dari bimbingan konseling. Ada empat macam fungsi dari bimbingan konseling konseling yang wajib anda ketahui. Fungsi yang pertama adalah fungsi pemahaman. Dalam hal ini, konselor harus dapat memahami potensi, karakteristik, dan tugas-tugas perkembangan dari peserta didik serta membantu mereka dalam memahami persoalan-persoalan tersebut secara objektif atau realistik. Fungsi yang kedua adalah fungsi preventif. Dengan fungsi preventif ini, konselor memberikan layanan orientasi dan informasi kepada peserta didik tentang berbagai aspek kehidupan yang patut dipahami agar mereka terhindar dari masalah. Fungsi yang ketiga adalah fungsi pengembangan. Dalam hal ini konselor memberikan layanan bimbingan guna membantu peserta didik agar mampu mengembangkan potensi diri serta tugas-tugas perkembangannya. Kemudian fungsi yang terakhir adalah fungsi kuratif. Fungsi kuratif ini bertujuan untuk membantu para peserta didik agar mereka dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya baik masalah sosial, pribadi, belajar, atau karir.

Adapun tujuan-tujuan dari bimbingan konseling yang harus diketahui oleh mahasiswa yang akan menyusun skripsi bimbingan konseling antara lain, mengahayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku, mengembangkan potensi diri melalui berbagai aktivitas yang positif, mampu menyelesaikan masalah secara wajar dan objektif, dan masih banyak lagi.

Dalam menyusun skripsi bimbingan konseling, anda dapat memilih salah satu jenis dari bimbingan konseling sebagai topik pembahasan. Jenis-jenis bimbingan konseling yang dapat anda pertimbangkan antara lain, bimbingan akademik, bimbingan pribadi atau sosial, bimbingan karier, dan bimbingan keluarga. Dengan memilih salah satu jenis bimbingan konseling tersebut, anda dapat mempersempit ruang lingkup penelitian sehingga sangat membantu anda untuk lebih fokus kepada satu topik pembahasan.

Incoming search terms:

Hal-hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Penyusunan Skripsi Psikologi

Hal-hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Penyusunan Skripsi Psikologi Hal-hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Penyusunan Skripsi Psikologi tesisIlmu psikologi merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang banyak diminati. Ketika berbicara tentang psikologi, ada beberapa macam metodologi yang digunakan dalam bidtesisang ini, misalnya metodologi eksperimental, observasi ilmiah, sejarah kehidupan, wawancara, angket, dan pemeriksaan psikologi. Tiap-tiap metode memiliki cara yang berbeda dalam mengetahui masalah-masalah psikologi, baik yang terjadi pada individu maupun masyarakat umum. Demikian juga dengan ilmu psikologi yang dipelajari di perguruan tinggi, ada bermacam-macam materi yang diberikan kepada mahasiswa psikologi dan permasalahan-permasalahan psikologi beserta metode-metode penyelesaiannya. Bagi mahasiswa semester akhir, diwajibkan untuk menyusun skripsi psikologi yang menjadi salah satu syarat terpenting untuk mendapatkan gelar sarjana psikologi.

Ada beberapa kajian ilmu psikologi yang dapat dipilih sebagai salah satu konsentrasi dalam penyusunan skripsi psikologi. Kajian ilmu psikologi yang pertama adalah psikologi sosial. Psikologi sosial dibagi menjadi tiga ruang lingkup yaitu studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, studi tentang proses-proses individual bersama, dan studi tentang interaksi kelompok. Kajian ilmu psikologi yang kedua adalah psikologi perkembangan. Bidang studi ini mempelajari perkembangan manusia beserta faktor-faktor yang membentuk perilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Kajian ilmu psikologi yang lain meliputi psikologi kepribadian, psikologi kognitif, psikologi penddikan, psikologi sekolah, psikologi industri dan organisasi, psikologi kerekayasaan, dan psikologi klinis. Kajian ilmu psikologi manapun yang ingin anda angkat menjadi skripsi, anda harus pastikan bahwa anda benar-benar menguasai bidang ilmunya. Hal ini untuk mempermudah proses penyelesaian skripsi yang anda susun.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi yang dapat membantu anda dalam menemukan ide untuk skripsi psikologi yang akan anda susun, diantaranya Kecerdasan Emosional Remaja Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kualitas Komunikasi Antara Orangtua Dan Anak, Dukungan Sosial Dalam Membangun Penerimaan Diri Orang Tua Yang mempunyai Anak Autis, dan Hubungan Antara Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Kharismatik Dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Karyawan. Masih ada banyak lagi fenomena-fenomena yang ada di sekitar anda atau di masyarakat yang dapat anda angkat menjadi sebuah karya ilmiah atau skripsi.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menyusun skripsi psikologi adalah populasi dan sampel, data skripsi, metode skripsi, dan teknik analisis. Semua faktor tersebut harus dkerjakan dengan benar karena akan mempengaruhi pembahasan dan hasil penelitian. Selain itu, kesimpulan dari skripsi juga harus mencakup seluruh pembahasan seluruh skripsi.

Incoming search terms: