Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Iklan Pada Radio Swasta

Skripsi Ekonomi~ Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Iklan Pada Radio Swasta Di Kota Jogja Dan Solo (Studi Kasus pada Berbagai Radio Siaran Swasta Nasional di Kota Jogja dan Solo)

radio Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Iklan Pada Radio Swasta Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Iklan Pada Radio Swasta radio

Latar Belakang Skripsi

Permasalahan klasik dalam dunia transaksi antara biro iklan dan pemilik media stara ini cukup menarik untuk diangkat. Dengan wilayah penelitian di kota Jogja dan Solo, dengan mempertimbangkan semakin banyaknya radio yang memiliki positioning yang jelas, diharapkan dapat mewakili populasi penelitian yang tersebar di beberapa kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Denpasar, dan Makassar. Namun karena keterbatasan literatur yang dimiliki, maka Penulis mencoba mengangkat permasalahan ini sebagai tema yang diharapkan mendapat penyempurnaan lebih lanjut dari penelitian-penelitian mendatang, sehingga perkembangan strategi pemasaran dapat dipantau oleh kalangan akademisi yang berkepentingan. Dalam penelitian ini, terkandung sepuluh faktor yang didtesisuga mempengaruhi manajemen radio dalam menentukan besarnya tarif iklan.

Termasuk dalam istilah iklan di sini adalah spot iklan, adlibs (iklan baca), time signal (penanda waktu), dan sponsor. Kesepuluh faktor ini adalah Positioning Radio, Konsep Produk,  Format Station, Profil Pendengar (keempat faktor tersebut tercakup dalam Segmentasi Pendengar), Perencanaan dan Seleksi Materi Siaran, Lokasi Strategis dan Representatif, Strategi Penetapan Harga, Coverage Area, Dampak bagi Biro Iklan, dan Dampak Bagi Stasiun Radio.

Rumusan Masalah

Pokok-pokok permasalahan yang akan dibahas di sini adalah:

  1. Apakah faktor Positioning Radio, Konsep Produk,  Format Station, Profil Pendengar, Perencanaan dan Seleksi Materi Siaran, Lokasi Strategis dan Representatif, Strategi Penetapan Harga, Coverage Area, Dampak bagi Biro Iklan, dan Dampak Bagi Stasiun Radio berpengaruh secara signifikan terhadap tarif iklan dan sponsor, baik secara parsial maupun keseluruhan?
  2. Di antara kesepuluh faktor di atas, manakah faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap tarif iklan dan sponsor?

Kesimpulan 

Berdasarkan analisis data yang dilakukan terhadap 17 responden yang berlokasi di kota Jogja dan Solo dengan pendekatan analisis regresi parsial dan regresi berganda serta didukung dengan uji hipotesis atas kedua analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1. Hasil uji t dengan bantuan program SPSS ver. 10.01 mengindikasikan bahwa dari 10 variabel independen terdapat 8 variabel yang secara signifikan mempengaruhi variabel tarif iklan dan sponsor, yaitu:

a. Positioning dengan tingkat signifikansi 0,014.

b. Konsep Produk dengan tingkat signifikansi 0,043

c. Format Station dengan tingkat signifikansi 0,013

d. Perencanaan dan Seleksi Materi Siaran dengan tingkat signifikansi 0,006

e. Lokasi Strategis dan Representatif dengan tingkat signifikansi 0,016

f. Strategi Penetapan Harga dengan tingkat signifikansi 0,000

g. Dampak terhadap Biro Iklan dengan tingkat signifikansi 0,022

h. Dampak terhadap Radio dengan tingkat signifikansi 0,002

Sedangkan 2 variabel lainnya yaitu Profil Pendengar dan Coverage Area tidak mempengaruhi tarif iklan dan sponsor secara signifikan. Hal ini terjadi karena taraf signifikansi yang dihasilkan melebihi taraf signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05, masing-masing 0,098 dan 0,078.

2. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 40,185 lebih besar dari Ftabel sebesar 5,999. Ini mengindikasikan bahwa secara serentak kesepuluh variabel independen mempengaruhi variabel tarif iklan dan sponsor secara signifikan.