Permintaan Air Minum Oleh Pelanggan PDAM

Skripsi Ekonomi  ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Air Minum Oleh Pelanggan PDAM Di Kabupaten Boyolali (studi kasus untuk konsumen rumah tangga  di pedesaan)

pelayanan pdam Permintaan Air Minum Oleh Pelanggan PDAM Permintaan Air Minum Oleh Pelanggan PDAM pelayanan pdam

Latar Belakang Skripsi 

Beberapa daerah tertentu masih banyak penduduk yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk mempertahakan  hidtesisupnya. Bahkan dalam   perekonomian air memegang peranan penting yakni untuk keperluan pertanian, industri perikanan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya. Problematika sumber daya air ada dua aspek yaitu menambah pengadaan air dan menghemat penggunaan air. Kehadiran teknologi sangat berperan dalam penambahan kualitas air dengan penemuan dan pengambilan sumber air dalam tanah. Masalah sumber daya air kaitannya dengan nilai guna tanah, rencana penggunaan tanah dan kemungkinan–kemungkinan sangat dipengaruhi oleh

pengolahan sumber daya yang antara lain mencakup pola penadahan air dan pengaturan pembagiannya ( Sumitro Djoyohadikusumo, 1994 : 267 ) sehingga   air bersih diperkotaan banyak yang digunakan untuk berbagai fasilitas yang menunjang kehidupan manusia. Misalnya untuk perumahan, industri, perhotelan, perkantoran, pusat pembelanjaan dan sebagainya, sehingga tanah yang semakin sempit ditambah dengan pencemaran air yang ditimbulkan oleh kegiatan rumah tangga dan industri mengakibatkan semakin  berkurangnya air bersih.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan maka perumusan masalah dalam skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Apakah  tingkat pendapatan pelanggan, jumlah anggota keluarga pelanggan, dan lama sebagai pelanggan air minum PDAM berpengaruh terhadap permintaan air minum oleh pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali ?
  2. Bagaimanakah pola penggunaan air minum oleh pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali ?

Tujuan Penelitian 

Dalam kegiatan ini hal yang ingin dicapai ialah mengetahui apa sajakah faktor-faktor yang melandasi permintaan air oleh pelanggan PDAM.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan  sebagai berikut :

  1. Tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan air minum PDAM, hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi dari faktor pendapatan sebesar 0,207 dan nilai t-hitung (2,982) yang lebih besar dari nilai t-tabel (1,96).
  2. Jumlah keluarga pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan air minum PDAM, hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi dari faktor jumlah keluarga pelanggan sebesar 0,320 dan nilai t-hitung (3,334) yang lebih besar dari nilai t-tabel (1,96).
  3. Lama sebagai pelanggan air minum berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan air minum PDAM, hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi dari faktor lama sebagai pelanggan sebesar 0,127 dan nilai t-hitung (2,280) yang lebih besar dari nilai t-tabel (1,96).
  4. Faktor pendapatan, jumlah keluarga pelanggan dan lama sebagai pelanggan air minum sebagai variabel dependen  secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan air minum PDAM sebagai variabel dependen, hal ini dapat dilihat dari hasil uji F dimana nilai F-hitung (27,142) lebih besar dari nilai F-tabel (3,15).
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *