Penilaian Hasil Belajar

Penilaian Hasil Belajar ~ Menurut Haryati (2008) dalam buku Metode dan Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidtesisikan mengemukakan:

Penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru selain untuk memantau proses, kemajuan dan perkembangan hasil belajar peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki, juga sekaligus sebagai umpan balik kepada guru agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses program pembelajaran.

Hal ini dipertegas oleh www.idtesis.com (2012) dalam blognya yang berjudul Penilaian Pembelajaran bahwa penilaian hasil belajar merupakan sebuah proses yang mencakup beberapa tahapan penilaian, antara lain:

  • Pretes (Tes awal)

Pada umumnya pelaksanaan proses pembelajaran dimulai dengan pretes. Fungsi pretes ini antara lain untuk mempersiapkan peserta didik dalam proses belajar, dan untuk mengetahui kemampuan awal yang telah dimiliki peserta didik mengenai bahan ajar yang akan dijadikan topik dalam proses pembelajaran.

  • Penilaian proses

Penilaian proses dimaksud untuk menilai kualitas pembelajaran dan pembentukan kompetensi dasar pada peserta didik, termasuk bagaimana tujuan-tujuan relajar direalisasikan.

  • Postes (Tes akhir)

Pada umumnya pelaksanaan pembelajaran diakhiri dengan postes. Postes juga memiliki banyak kegunaan, terutama dalam melihat keberhasilan pembelajaran. Selain itu, postes berfungsi untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi dasar yang telah ditentukan, sehingga dapat diketahui siswa yang akan mengikuti pembelajaran remedial.

Jadi, hendaknya penilaian hasil belajar dilakukan oleh tenaga pendidik sesuai dengan sistem yang telah ditentukan dan disetujui oleh satuan pendidikan mengenai mata pelajaran dan kompetensi yang telah diajarkan sebelumnya. Dimana penilaian hasil belajar siswa harus mencakup beberapa tahap, yaitu pretes, penilaian proses dan postest. Selain itu, dalam penilaian hasil belajar hendaknya memperhatikan pula prinsip – prinsip penilaian sehingga hasil dari penilaian dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 pemikiran pada “Penilaian Hasil Belajar”

  1. This just in: Hermès has no sense of humor. According to SheFinds, the luxury brand is suing little ol’ label Thursday Friday for selling canvas bags with images of Birkins printed on them. From the lawsuit:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *