Pengaruh Konservatisme Akuntansi Perusahaan

Skripsi EkonomiPengaruh Konservatisme Akuntansi, Asset Growth Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas  Masa Depan Perusahaan

akuntansi (1) Pengaruh Konservatisme Akuntansi Perusahaan Pengaruh Konservatisme Akuntansi Perusahaan  akuntansi 11

Latar Belakang Skripsi

Fitzsimmons et al.(2005) tingkat pertumbuhan aset merupakan sinyal yang baik yang menunjukkan potensi peningkatan profitabilitas perusahaan. Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan memberikan dampak positif bagi perusahaan yaitu meningkatnya laba dimasa depan. Apabila keputusan investasi yang dilakukan manajer tepat, maka aliran kas masa depan perusahaan juga tinggi karena  return atas investasi tersebut. Sehingga apabila tingkat pertumbuhan aktiva perusahaan tinggi, investor akan merespon hal tersebut dengan memberikan nilai yang tinggi kepada perusahaan karena berarti akan akan potensi keuntungan dimasa depan yang tinggi pula. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan aset semakin tinggi pula laba yang dihasilkan yang berarti semakin tinggi juga profitabilitas perusahaan.  Fairfield  et al.(2002) menyatakan bahwa pertumbuhan perusahaan dapat berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan dimasa depan.

Komponen laba perusahaan berupa akrual dan arus kas dapat digunakan untuk menilai prospek kinerja perusahaan dimasa depan.  Pertumbuhan perusahaan akan dipengaruhi oleh aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan yang memiliki aktiva yang besar memiliki banyak dana yang digunakan untuk melakukan investasi baru.  Investasi yang dilakukan perusahaan diharapkan akan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dimasa depan. Hal inilah yang  mendasari pemikiran  bahwa ukuran perusahaan akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan dimasa depan.

Perumusan Masalah

1.  Apakah konservatisme berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas masa depan perusahaan?

2.  Apakah tingkat pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas masa depan perusahaan?

3.  Apakah  ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas masa depan perusahaan?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi, asset growth dan  ukuran perusahaan terhadap  profitabilitas masa depan perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2008.  Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh  konservatisme akuntansi,  asset growth dan  ukuran perusahaan terhadap  profitabilitas masa depan perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2008. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa :

1.  Konservatisme akuntansi berpengaruh terhadap  profitabilitas masa depan perusahaan.  Akrual sebagai proksi konservatisme berpengaruh negatif terhadap profitabilitas masa depan. Perusahaan dengan akrual negatif akan memiliki profitabilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan dengan akrual positif. Hal tersebut berarti perusahaan yang menerapkan akuntansi konservatif akan memiliki profitabilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan yang tidtesisak konservatif. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Ahmed dan Duellman (2007).

2.  Asset growth tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas masa depan perusahaan. Hasil penelitian ini  tidak mendukung hasil penelitian Fairfield et al. (2002).

3.  Ukuran perusahaan  berpengaruh terhadap profitabilitas masa depan perusahaan. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Fitzsimmons et al. (2005).

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *