Pengaruh Keputusan Pendanaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan

Skripsi Ekonomi~ Pengaruh Keputusan Pendanaan Terhadap Profitabilitas Masa Depan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008)

pendapatan Pengaruh Keputusan Pendanaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pengaruh Keputusan Pendanaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan pendapatan

Latar Belakang Skripsi

Dalam  profitabilitas  suatu  perusahaan  terdapat faktor yang mempengaruhinya,  dari penelitian-penelitian terdahulu  diketahui bahwa faktor  keputusan pendanaan dari luar  termasuk  di  dalamnya.  Keputusan pendanaan dari luar muncul ketika  pemenuhan dana  perusahaan  yang bersumber dari internal  sudah tidtesisak lagi bisa mencukupi kebutuhan  seiring dengan  perkembangan perusahaan.  Marberya dan Suaryana (2009) mengungkapkan bahwa keputusan pendanaan untuk melakukan peningkatan hutang akan mempengaruhi laba bagi perusahaan. Semakin besar penggunaan  commit to user hutang, semakin besar pula kewajiban yang harus dibayar perusahaan di masa mendatang.  Adapun pembayaran kewajiban tersebut sudah pasti lebih diprioritaskan daripada tingkat profitabilitas perusahaan.  Sehingga dengan adanya  peningkatan  keputusan pendanaan dari luar yang dilakukan oleh perusahaan akan berakibat pada  menurunnya tingkat profitabilitas  masa depan dari perusahaan tersebut.

Hasil penelitian dari Marberya dan Suaryana (2009) konsisten dengan penelitian  Tarjo (2008)  yang menyatakan jika banyaknya jumlah hutang akan menjadikan ketidakpastian untuk menghasilkan laba di masa mendatang semakin tinggi. Penelitian ini sendiri mengacu pada penelitian  dari  Ahmed dan Duellman (2010). Perbedaan dari penelitian sebelumnya ialah  penyesuaian terhadap variabelnya, yaitu mengganti  pengaruh  konservatisme akuntansi sebagai variabel independen dengan pengaruh keputusan pendanaan dari luar yang diproksikan dengan debt to equity ratio (DER) seperti dalam penelitian Marberya dan Suaryana (2009). Assets growth dan ukuran perusahaan  yang dalam penelitian  Ahmed dan Duellman (2010)  digunakan sebagai variabel kontrol, tetap digunakan sebagai  variabel  kontrol penelitian ini.  Pada penelitian Ahmed dan Duellman (2010) diungkapkan bahwa sebagai variabel kontrol  asset growth  memiliki pengaruh negatif, sedangkan  ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas masa depan perusahaan.  Untuk  variabel dependennya tetap  menggunakan  profitabilitas masa depan perusahaan.  Dalam penelitian ini profitabilitas masa depan perusahaan akan diproksikan dengan ROA (Return On Asset).

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah disampaikan sebelumnya, maka penelitian ini menguji:

  1. Apakah keputusan pendanaan akan berpengaruh terhadap profitabilitas masa depan perusahaan?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keputusan pendanaanterhadap profitabilitas masa depan perusahaan  dengan  asset growth  dan ukuranperusahaan sebagai variabel kontrol.  Penelitian ini berfokus pada perusahaan-perusahaan  manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)  periode2006-2008. Data penelitian ini diperoleh dari ICMD (Indonesian Capital MarketDirectory) dan/atau laporan keuangan yang dipublikasikan IDX (www.idx.co.id)

Kesimpulan

Tujuan dari penelitan ini adalah menguji pengaruh keputusan pendanaan terhadap profitabilitas masa depan perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil periode pengamatan selama tiga tahun, yaitu dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2008.

Berdasarkan analisis data dan hasil pengujian,  maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.  Penelitian ini telah memenuhi semua uji asumsi klasik, meliputi pengujian normalitas, pengujian multikolonieritas, pengujian autokorelasi, dan pengujian heteroskedastititas.

2.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam  model, yaitu  keputusan pendanaan  yang diproksikan dengan  debt to equity ratio  (DER), serta variabel kontrol berupa  asset growth  dan ukuran perusahaan  dapat menjelaskan variabel  dependen profitabilitas masa depan perusahaan sebesar  27,4%. Sisanya 72,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model.

3.  Variabel independen keputusan pendanaan yang diukur dengan  debt to equity ratio  (DER)  bersama dengan variabel kontrol  asset growth  dan ukuran perusahaan secara simultan  mempengaruhi variabel dependen profitabilitas masa depan perusahaan.

4.  Variabel  keputusan pendanaan  terbukti  berpengaruh negatif terhadap profitabilitas masa depan perusahaan pada tingkat signifikansi 1%. Semakin tinggi tingkat DER suatu perusahaan, maka ROA sebagai pengukuran dari profitabilitas  masa depan perusahaan akan semakin rendah. Hasil ini mendukung hipotesis dalam penelitian (H1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *