Pengaruh Coping Strategies Terhadap TAM

SkripsiPengaruh Coping Strategies Terhadap Technology Acceptance Model (TAM) (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Pengguna Facebook di Surakarta)

ukm Pengaruh Coping Strategies Terhadap TAM Pengaruh Coping Strategies Terhadap TAM ukm

Latar Belakang Skripsi

Niat adopsi terjadi didtesisahului dengan adanya sikap konsumen dalam  menanggapi suatu produk,dalam  Technology Acceptance Model  (Davis, 1989) mengemukakan niat seseorang dalam menggunakan teknologi dipengaruhi oleh kegunaan teknologi (usefulness) dan kemudahan teknologi untuk digunakan (easy of use), kedua variabel tersebut merupakan faktor utama yang menentukan seseorang dalam menggunakan teknologi (Lihat Templeton dan Byrd 2003; Adams et al, 1992; Shen et al, 2006). Teknologi baru, karena sifatnya yang diskontinus, tidak bisa diadopsi secara luas begitu saja.  Sifat dan  kebutuhan konsumen yang berbeda-beda membuat adopsi akan berlangsung secara bertahap, berpindah dari satu kelompok konsumen ke kelompok berikutnya.  Ada konsumen yang berani mengambil resiko mencoba teknologi baru tersebut walau sistem yang mendukungnya belum mapan dan fitur-fiturnya masih kurang lengkap.

Konsumen sebelum memutuskan untuk menggunakan produk dengan teknologi baru atau tetap mempertahankan produk teknologi yang masih lama maka diperlukan pembelajaran dan pertimbangan sebelum memutuskan.  Dalam proses memutuskan tersebut, konsumen mengalami sebuah tekanan psikis dalam hal ini bisa mengalami stress ( Lihat Arifin, 2009).

Permasalahan

Permasalahan yang dirumuskan terkait dengan hubungan antar variabel yang membentuk model penelitian antara lain:

1.  Apakah  Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) berpengaruh pada usefulness?

2.  Apakah Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) berpengaruh pada easy of use ?

3. Apakah easy of use berpengaruh pada usefulness?

4.  Apakah  Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) berpengaruh pada attitude to use ?

5.  Apakah  usefulness berpengaruh pada attitude to use ?

6.  Apakah easy of use berpengaruh pada attitude to use ?

7.  Apakah Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) berpengaruh pada intention to use ?

8.  Apakah attitude to use berpengaruh pada intention to use?

Tujuan Penelitian 

Studi ini bertujuan untuk  menjelaskan pengaruh dari  Coping Strategies yang terdiri dari refusal, delay, extended decision making dan pretest terhadap Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari usefulness, easy of use, attitude to use dan intention to use.  Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi pada teknologi baru.  Data diambil melalui survei pada 137 responden yang berniat untuk menggunakan facebook sebagai sarana promosi usaha. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hal ini bertujuan untuk menjamin keakuratan  dari  data  yang dikumpulkan.

Kesimpulan

Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi beberapa variabel yang mempunyai hubungan signifikan dan tidak signifikan. Hubungan antar variabel itu antara lain:

1.  Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara  Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) dengan usefulness.

2.  Hubungan signifikan secara parsial antara Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) dengan easy of use .

3.  Hubungan positif dan signifikan antara easy of use dan usefulness.

4.  Hubungan signifikan yang ditunjukkan hanya parsial antara  Coping strategies (refusal, delay, extended decision making, pretes) dengan attitude to use.

5.  Hubungan positif dan signifikan antara  usefulness dan attitude to use menjelaskan bahwa semakin tinggi penerimaan kegunaan menggunakan facebook maka semakin tinggi sikap menggunakan  facebook oleh pemilik UKM.

6.  Hubungan yang tidak signifikan antara  easy of use dan attitude to use menjelaskan bahwa tingkat kemudahan menggunakan  facebook tidak mempengaruhi sikap menggunakan  facebook oleh pemilik UKM.

7.  Hubungan yang tidak signifikan antara  Coping strategies (refusal, delay, extended

decision making, pretes) dengan intention to use .

8.  Hubungan positif dan signifikan antara  attitude to use dengan intention to use menjelaskan bahwa semakin tinggi sikap untuk menggunakan  facebook maka semakin tinggi niat untuk menggunakan  facebook oleh pemilik UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *