Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Konsumen Memilih PTS

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Perguruan Tinggi Swasta (Studi  KasusTerhadap Mahasiswa Balikpapan Yang Kuliah di Yogyakarta)

Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Konsumen Memilih PTS Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Konsumen Memilih PTS tesis44

Latar Belakang Skripsi 

Di dalam era globalisasi yang melanda dunia pada abad ke-20 dan memasuki abad ke-21 atau dengan kata lain era milenium ke-3 merupakan fenomena yang harus diperhatikan sebagai akibat kemajuan teknologi yang menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada hampir semua aspek kehidtesisupan manusia yang ditandai dengan perubahan tatanan masyarakat dunia di mana batas negara, apalagi batas daerah seolah-olah semakin kabur akibat dari perkembangan transportasi, telekomunikasi dan tourisme, yang dipercepat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi juga merubah kebutuhan sumber daya manusia di seluruh dunia, terutama tuntutan kualitas sumber daya manusia tersebut.

Oleh karena itu sejalan dengan perkembangan yang terjadi di segala sektor kehidupan manusia, maka bermunculan perguruan tinggi-perguruan tinggi sebagai salah satu tempat atau sarana pencetakan sumber daya manusia yang diharapkan pada nantinya dapat mencetak sumber daya manusia seperti yang diinginkan. Pada satu sisi, bemunculannya banyak perguruan tinggi tersebut diharapkan dapat memenuhi semua permintaan dari masyarakat akan suatu lembaga pendidikan yang dapat mencetak sumber daya manusia yang unggul. Namun di sisi lain, banyak bermunculannya perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut membuat persaingan di antara perguruan tinggi tersebut kian ketat. Perguruan tinggi bukanlah perusahaan yang senantiasa hanya mengejar keuntungan finansial, tetapi bukan juga badan amal, melainkan sebuah industri paling vital yang harus dikelola seefektif dan seefisien mungkin.

Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:

1.Apakah faktor-faktor bauran pemasaran yang ada pada perguruan tinggi merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa asal Balikpapan dalam memilih perguruan tinggi swasta di Yogyakarta?

2.Faktor-faktor apa sajakah dari bauran pemasaran tersebut, yang merupakan  faktor-faktor dominan yang mempengaruhi keputusan mahasiswa asal Balikpapan dalam memilih perguruan tinggi swasta di Yogyakarta?

Tujuan Penelitian 

Kegiatan penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mngetahui faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap pertimbangan konsumen dalam memilih perguruan tinggi swasta.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan pada bab terdahulu, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tentang faktor-faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih perguruan tinggi (studi kasus terhadap mahasiswa asal Balikpapan yang kuliah di Yogyakarta) adalah sebagai berikut:

1.Berdasarkan hasil analisis faktor, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa asal Balikpapan dalam memilih perguruan tinggi di Yogyakarta antara lain: faktor  promotion  dan  physical evidence yang meliputi: merk, publikasi, komunikasi, pameran, mekanisme pelayanan, gedung megah dan keadaan lingkungan; faktor  product yang meliputi: kurikulum dan silabus, status jurusan/program studi, laboratorium, perpustakaan, teknologi dan media pendidikan, staf pengajar dan desain fasilitas; faktor organisasi dan  processyang meliputi: Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan layanan karyawan; faktor  personal traits yang meliputi:  performance lulusan  dan reputasi pimpinan/yayasan; faktor price yang meliputi biaya per SKS dan persyaratan pembayaran; dan faktor kurikulum dan place yang meliputi: kurikulum/silabus dan lokasi.

2.Pada analisis faktor tahap pertama ada dua variabel yang dikeluarkan karena tidak memenuhi syarat kecukupan analisis faktor dalam nilai MSA-nya, kedua variabel tersebut adalah variabel besar SPP (X11) dan variabel peraturan-peraturan (X22). Selanjutnya kedua variabel tersebut dikeluarkan dari model lalu dilakukan analisis faktor tahap berikutnya. Setelah dilakukan rotasi faktor varimax melalui iterasi konvergen sebanyak 9 kali, didapat enam faktor yang terbentuk. Kemudian variabel-variabel yang ada dikelompokkan ke dalam tiap-tiap faktor sesuai dengan nilai faktor loading-nya, dan ternyata ada satu variabel yang faktor loading-nya < 0,5 yaitu variabel besar DPP (X12), selanjutnya variabel ini dikeluarkan dari model. Akhirnya dari 25 variabel yang dipakai dalam penelitian kali ini, setelah dilakukan analisis faktor ternyata pada hasil akhir hanya ada 22 variabel yang terkelompok dalam 6 faktor.

3.Dari 6 faktor yang dipertimbangkan mahasiswa asal Balikpapan dalam keputusan memilih perguruan tinggi di Yogyakarta, faktor  promotion  dan physical evidence merupakan faktor dengan peranan penting yang dipertimbangkan mahasiswa asal Balikpapan dalam memilih perguruan tinggi di Yogyakarta, dengan variabel-variabel: merk, publikasi, komunikasi, pameran, mekanisme pelayanan, gedung megah dan keadaan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *