Penerapan kebijakan penjualan secara tunai dan kredit

Skripsi Ekonomi~ Penerapan kebijakan penjualan secara tunai dan kredit pada PT. Ratna jaya mebel

industri mebel Penerapan kebijakan penjualan secara tunai dan kredit Penerapan kebijakan penjualan secara tunai dan kredit industri mebel

Latar Belakang Skripsi 

Penjualan secara tunai atau  cash  yaitu  penjualan yang cara pembayarannya dilakukan secara langsung atau tunai pada saat transakasi penjualan itu dilakukan. Sedangkan penjualan secara kredit yaitu penjualan yang cara pembayarannya dilakukan secara bertahap atau berangsuran dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan, dan penbeli juga memperoleh beban bunga yang harus ditanggung pada setiap pembayarannya.

PT RATNA JAYA MEBEL harus dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta meningkatkan mutu penjualannya agar memperoleh keuntungan dan menghindari kerugian dari masing–masing penjualan yang dilakukan.  Keuntungan yang diperoleh di bidtesisang penjualan adalah dari selisih harga per unit (harga penjualan per unit dikurangi biaya produksi per unit).

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang seperti yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang harus diselesaikan adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana penerapan sistem penjualan secara  tunai, dan penjualan secara kredit pada PT RATNA JAYA MEBEL?
  2. Dengan  system penjualan tunai dan kredit, sistem penjualan mana yang paling menguntungkan bagi PT RATNA JAYA MEBEL?

Tujuan Penelitian 

Tujuan umum dalam penjualan adalah untuk mencapai volume penjualan tertentu,mendapatkan laba tertentu,dan menunjang pertumbuhan perusahaan. Tujuan yang  hendak  dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan atau membandingkan antara penjualan tunai dan kredit. Penelitian ini semoga dapat memberi sumbangan pemikiran bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan terbaik untuk para pelanggan dalam melakukan penjualannya dan bagi penulis dapat bermanfaat sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa studi, serta memenuhi persyaratan gelar Ahli Madya.

Kesimpulan 

Berdasarkan analisa data penelitian dan pengumpulan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pada tahun 2011 hasil prosentase dari masing-masing penjualan menunjukkan, penjualan tunai 62, 17 % dan penjualan kredit 37, 83 %. Maka sistem penjualan  tunai  pada PT RATNA JAYA MEBEL sebaiknya terus ditingkatkan  karena penjualan  tunai  lebih baik dan menguntungkan perusahaan karena perusahaan bisa langgsung menerima kas, memperoleh laba langsung dari penjualan  dan  juga mengurangi kemacetan perputaran uang.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *