Pemahaman Sejarah Masa Revolusi Terhadap Sikap Nasionalisme

Skripsi Hubungan Pemahaman Sejarah Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya Di Kalimantan Selatan Dengan Sikap Nasionalisme

masa revolusi Pemahaman Sejarah Masa Revolusi Terhadap Sikap Nasionalisme Pemahaman Sejarah Masa Revolusi Terhadap Sikap Nasionalisme masa revolusi

Latar Belakang Skripsi 

Peran budaya pada era reformasi menghadapi tantangan berkaitan dengan fungsinya sebagai penyadaran “sense of belonging  dan nasionalisme” (Wiriatmadja, 2002:viii). Nilai-nilai yang terkandung dalam budaya daerah diharapkan dapat membentuk karakter masyarakat tiap daerah menjadi lebih kuat dan maju dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan justru menjadi alat perpecahan diantara sesama warga bangsa. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan upaya penyadaran yang sistematis melalui dunia pendidtesisikan.

Ditinjau dari segi pendidikan,  pada hakekatnya pendidikan adalah proses pembudayaan secara terus-menerus dan sistematis yang akan membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia dewasa yang seutuhnya, dalam tataran ini pendidikan dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan suatu masyarakat  akan mempengaruhi proses pembentukan kepribadianseorang individu dalam  pendidikan, dalam konsep ini pendidikan tidak hanya diidentifikasi sebagai kegiatan persekolahan, akan tetapi juga proses pembudayaan dalam keluarga dan masyarakat.

Rumusan Masalah

Berdasarkan  pembatasan  masalah  di  atas,  maka  penulis  merumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah  terdapat  hubungan antara  pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan  dengan sikap nasionalisme mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unlam?
  2. Apakah  terdapat  hubungan  antara  persepsi terhadap keberagaman budaya dengan sikap nasionalisme mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unlam?
  3. Apakah  terdapat  hubungan  antara  pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan dengan  persepsi terhadap keberagaman budaya  dengan  sikap nasionalisme mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unlam?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

1) Ada tidaknya hubungan pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan dengan sikap Nasionalisme,

2) Ada tidaknya hubungan persepsi terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan dengan sikap Nasionalisme,

3)  Ada tidaknya hubungan pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan dan persepsi terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan dengan sikap Nasionalisme Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unlam Banjarmasin.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan dengan  sikap Nasionalisme. Mahasiswa yang memiliki pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan yang tinggi akan memiliki sikap nasionalisme yang baik apabila dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memiliki pemahaman sejarah masa revolusi fisik.
  2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan dengan sikap nasionalisme. Mahasiswa  yang memiliki persepsi positif terhadap keberagaman budaya akan memiliki sikap nasionalisme apabila bibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memiliki persepsi positif terhadap keberagaman budaya.
  3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan dan persepsi terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan  dengan sikap nasionalisme. Mahasiswa yang memiliki pemahaman sejarah masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan yang tinggi dan persepsi positif terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan akan memiliki sikap nasionalisme yang baik apabila dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memiliki pemahaman sejarah masa revolusi  fisik dan persepsi positif terhadap keberagaman budaya di Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *