Pelaksanaan Pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta

Pelaksanaan Pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta Pelaksanaan Pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta future imageSMK Negeri 6 Surakarta yang merupakan salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional menjadi fenomena yang menarik bagi semua kalangan. Perubahan status sekolah yang akan bertaraf internasional ini merupakan langkah awal yang menjadi tanggung jawab besar dalam pelaksanaannya untuk menghasilkan lulusan siswa-siswa berpestasi, terlatih dan menguasai kemampuan- kemampuan bertaraf nasional plus internasional sekaligus, yang dapat ditunjukkan melalui penguasaan SNP Indonesia dan penguasaan kemampuan-kemampuan kunci yang diperlukan dalam era global.

Banyak tuntutan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Bertaraf Internasional ini. Selain kompetensi tenaga pendidtesisik yang diharapkan dapat berstandar internasional, pengadaan fasilitas-fasilitas pembelajaran juga diharapkan memadai untuk menunjang kegiatan belajar- mengajar. Dan juga siswa-siswa yang merupakan input diharuskan merupakan input yang berkualitas tinggi sehingga dapat mengikuti pelaksanaan pembelajaran bertaraf internasional yang akan dilakukan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka sudah menjadi tanggung jawab bersama dari pihak sekolah, pendidik dan anak didik di SMK Negeri 6 Surakarta dalam pengembangan diri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan pembelajaran agar nantinya output yang dihasilkan dapat bersaing tidak hanya berkualitas nasional saja juga harus mampu bersaing di internasional sebagai tuntutan dari era globalisasi.

Dari permasalahan tersebut diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di SMK Negeri 6 Surakarta dengan latar belakang masalah: “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMK NEGERI 6 SURAKARTA”.

 

PerumusanMasalah

Menurut Jujun S Suriasumantri (2001) perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ingin dicari jawabannya. Sehingga dalam hal ini masalah harus dipikirkan, dirumuskan,dan dicarikan jawabannya secara jelas. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta?
  2. Apa saja faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta?
  3. Bagaimanakah cara-cara mengatasi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta?

 

Tujuan Penelitian

Menurut Jujun S Suriasumantri (2001), Tujuan penelitian merupakan  pernyataan mengenai ruang lingkup dan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Jadi setiap kegiatan yang dilakukan pastilah untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Demikian pula penelitian ini, juga tidak terlepas dari tujuan yang ingin dicapai.

Berdasarkan perumusan masalah yang dikemukakan diatas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah ?Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta.
  2. Untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat ?dalam pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah bertaraf Internasional ?(RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta.
  3. Untuk mengetahui cara-cara mengatasi faktor-faktor penghambat dalam ?pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 6 Surakarta.

 

Metode Penelitian

Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode penelitian adalah metode deskriptif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling)dan Teknik bola salju (snow ball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk mengukur validitas data digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

 

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

Pelaksanaan pembelajaran di RSBI SMK Negeri 6 Surakarta dipengaruhi oleh komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari: Kurikulum KTSP Spektrum, Kompetensi Guru, Kompetensi Siswa, Bahan pembelajaran berupa modul, Media pembelajaran bervariasi, Metode Pembelajaran inovatif, Lingkungan Pembelajaran kondusif, Evaluasi Pembelajaran yang valid. Sistem bilingual dan moving class belum diterapkan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran.

Faktor penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran di RSBI SMK Negeri 6 Surakarta:

  1. Tenaga pendidik yang berkualitas secara akademis dan berpengalaman serta berprestasi.
  2. Lingkungan sekolah yang kondusif dan lahan yang luas menjadi alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.
  3. SMK Negeri 6 Surakarta telah bersertifikat ISO 9001:2000

Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di RSBI SMK Negeri 6 Surakarta adalah

  1. Belum sempurnanya proses adaptasi para tenaga pendidik dan anak didik dalam perubahan paradigma pembelajaran yang menjadi pembelajaran model RSBI.
  2. Terbatasnya skill individu tenaga pendidik dan anak didik.
  3. Komponen-komponen pembelajaran belum sesuai dengan standar program RSBI.
  4. Cara-cara mengatasi faktor pengahambat dalam pelakanaan pembelajaran di RSBI SMK Negeri 6 Surakarta adalah
    • Perbaikan sumber daya tenaga pendidik melalui pelatihan-pelatihan dan kursus.
    • Peningkatan kualitas anak didik dan sosialisasi program pembelajaran RSBI bagi para siswa.
    • Perbaikan terhadap fasilitas sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran RSBI.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *