Optimalisasi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran

Skripsi Ekonomi~ Optimalisasi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran  Di Kabupaten Sukoharjo

 

tax Optimalisasi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Optimalisasi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran tax

Latar Belakang Skripsi 

Kabupaten Sukoharjo sebagai daerah otonomi dalam melaksanakan pembangunan menganut azas desentraliasasi yang diwujudkan dalam bentuk prakarsa yang baik. Di Kabupaten Sukoharjo dalam rangka pemanfaatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah masih mengalami kendala khususnya dalam menggali Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Hotel dan Pajak Restoran.

Salah satu pajak yang memiliki potensi yang cukup tinggi untuk ditingkatkan penerimaannya adalah Pajak Hotel dan Pajak Restoran. Namun kenyataannya pajak tersebut selama ini kontribusi masih sangat minim. Ini dapat dilihat dari tiga tahun terakhir persentase kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran masih kurang dari 10%.

Rumusan Masalah

Pajak Hotel dan Restoran merupakan salah satu potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah di DPPKAD kabupaten Sukoharjo. Penulis dalam penyusunan TA ini mencoba merumuskan permasalahan sebagai berikut :

1. Seberapa besar kontribusi Pajak Hotel dan Restoran terhadap PAD Kabupaten Sukoharjo?

2. Sejauhmana pemanfaatan potensi yang ada untuk meningkatkan Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Sukoharjo?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari penelitian dilatarbelakangi oleh potensi pajak hotel dan  restoran yang ada di Kabupaten Sukoharjo  cukup dapat memberi  kontribusi terhdap penerimaan pajak  daerah di Kabupaten Sukoharjo. Namun karena belum dikelola secara optimal baik dari perhitungan potensi yang dimiliki, pelaksanaan pemungutan terhadap pemungutan pajak hotel dan restoran itu  sendiri maka pendapatan dan penerimaan yang diperoleh kurang sesuai dengan potensi yang ada Penelitian ini dilaksanakan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan.

Kesimpulan 

Berdasarkan analisis dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan yang berkaitan dengan Optimalisasi Penerimaan Pajak Hotel dan Pajak Restoran di Kabupaten Sukoharjo bahwa kontribusi pajak hotel dan restoran di Kabupaten  Sukoharjo  masih  jauh dari  target yang diharapkan. Ini disebabkan karena pelaksanaan pemungutan yang masih  kurang dilakukan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari sistem  dan prosedur yang ada.

Begitupula dengan tingkat pengetahuan, pemahaman petugas pemungutan pajak terhadap sistem dan prosedur pemungutan pajak masih kurang, serta motivasi yang masih rendah sehingga kurang mendukung optimalisasi penerimaan pajak hotel dan pajak restoran di Kabupaten Sukoharjo.  Sarana dan  prasarana yang ada  sudah sangat  mendukung kelancaran pemungutan. Kurangnya kontribusi ini juga disebabkan oleh kurangnya kesadaran para wajib pajak untuk melakukan kewajibanya dalam membayar pajak. Hal ini disebabkan kareana kurangnya sosialisasi tentang  pentingnya membayar pajak. Selain faktor tersebut, hal lain yang mempengaruhi wajib pajak enggan membayar pajak yaitu kurangnya pemasukan yang diterima oleh wajib pajak, sehingga mereka enggan membayar pajak.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *