Pemahaman Skripsi Kuantitatif Sebagai Dasar Penyusunan Skripsi

Pemahaman Skripsi Kuantitatif Sebagai Dasar Penyusunan Skripsi Pemahaman Skripsi Kuantitatif Sebagai Dasar Penyusunan Skripsi tesisSalah satu jenis skripsi yang disusun oleh mahasiswa di perguruan tinggi adalah skripsi kuantitatif. Metode penelitian dalam skripsi ini banyak menggunakan hitungan, statistik, dan tabel, dengan kaidah-kaidah tertentu. Biasanya, skripsi kuantitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan quesioner.

Penelitian kuantitatif sering digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu sosial seperti biologi, fisika, kimia, matematika, sosiologi, jurnalisme, ekonomi, dan lain sebagainya. Metode penelitian ini berbeda dengan metode penelitian kualitatif karena menggunakan hitungan-hitungan, sedangkan metode penelitian kualitatif menggunakan kata-kata atau deskripsi.

Sifat-sifat yang terdapat dalam skripsi kuantitatif antara lain berisi penghitungan besaran atau jumlah, pengukuran tingkat kejadian, pembuktian sesuatu, prediksi suatu variabel berdasarkan variabel lain, tindakan atau eksperimen, dan pembuktian suatu hipotesa. Penelitian yang digunakan untuk menyusun skripsi ini merupakan penelitian yang sistematis terhadap fenomena-fenomena yang terjadi beserta hubungan-hubungannya. Penelitian kuantitatif sendiri bertujuan untuk mengembangkan dan menggunakan teori-teori, model-model matematis, dan hipotesis yang berhubungan dengan fenomena alam. Bagian sentral dari penelitian ini adalah proses pengukurannya karena ini dapat memberikan hubungan yang fundamental antara ekspresi matematis dan pengamatan empiris dari hubungan-hubungan kuantitatif.

Bagi anda yang akan menyusun skripsi kuantitatif, perlu diketahui bahwa metode penelitian kuantitatif mempunyai cakupan yang sangat luas. Secara umum metode penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimental dan noneksperimental. Penelitian eksperimental terdiri dari beberapa bagian, antara lain eksperimen kuasi, subjek tunggal, dan sebagainya. Sedangkan penelitian noneksperimental terdiri berupa komparatif, deskriptif, survey, korelasional, dan lain sebagainya. Anda dapat menentukan penelitian kuantitatif mana yang akan anda gunakan dalam skripsi anda. Hal ini tergantung pada objek atau data yang anda pakai dalam penelitian.

Salah satu contoh skripsi kuantitatif adalah menggunakan survei dengan sampel penduduk atau orang-orang yang diberi sejumlah pertanyaan tentang topik tertentu yang bertujuan untuk menentukan frekuensi dan presentase tanggapan mereka. Topik yang anda gunakan dalam survei bisa bermacam-macam, tergantung dari bidang studi atau jurusan yang anda ambil. Survei ini bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara tertulis dan anda harus menentukan kriteria yang sesuai untuk memilih teknologi dan metode untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam responden survei. Selain itu, anda juga dapat melakukan survei dengan cara merekam dengan meggunakan tape recorder. Anda dapat memilih cara yang anda anggap paling mudah dan efisien, demi memperlancar proses pengumpulan data dengan menggunakan survei.

Incoming search terms:

Mengenal Metode Penelitian Kualitatif Sebagai Acuan Penulisan Skripsi Kualitatif

Mengenal Metode Penelitian Kualitatif Sebagai Acuan Penulisan Skripsi Kualitatif Mengenal Metode Penelitian Kualitatif Sebagai Acuan Penulisan Skripsi Kualitatif tesisDalam penyusunan skripsi, salah satu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses pencarian data guna memahami masalah sosial yang didasari pada penelitian yang menyeluruh, dibentuk oleh kata-kata, dan diperoleh dari situasi yang alamiah.

Jenis penelitian ini berkebalikan dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan angka-angka dalam penelitiannya. Demikian pula jika anda akan menyusun skripsi, anda harus mengetahu apakah anda akan menyusun skripsi kualitatif atau kuantitatif. Hal ini tergantung pada jenis objek yang akan gunakan dalam penelitian untuk skripsi anda.

Pada umumnya, skripsi kualitatif bertujuan untuk menggali informasi secara lebih mendalam, menjawab pertanyaan mengapa, memungkinkan untuk mendapatkan hal-hal yang tersirat, mendapatkan suatu hipotesa, dan sebagainya. Sedangkan jenis-jenis penelitian kualitatif yang dapat digunakan untuk menyusun skripsi anda adalah biografi, fenomenologi, Grounded theory, etnografi, dan studi kasus.

Penelitian biografi merupakan studi tentang individu beserta pengalamannya yang dituliskan kembali dengan cara mengumpulkan dokumen dan arsip-arsip yang ada. Penelitian fenomenologi adalah suatu penelitian yang mencoba mengungkap atau menjelaskan makna konsep atau fenomena tentang pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.

Penelitian kualitatif berikutnya disebut Grounded theory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan atau menemukan suatu teori yang ada hubungannya dengan situasi tertentu, di mana individu dapat saling berhubungan, bertindak, atau terlibat dalam suatu proses sebagai respon terhadap suatu peristiwa. Ada juga penelitian etnografi yang merupakan uraian dan penafsiran suatu budaya atau sistem kelompok sosial. Penelitian yang terakhir adalah studi kasus, yakni studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam, dan juga menyertakan berbagai sumber informasi.

Dalam menyusun skripsi kualitatif, ada empat metode pengumpulan data yang dapat anda terapkan yaitu:

  • wawancara,
  • observasi,
  • dokumen, dan
  • Focus Group Discussion.

Wawancara merupakan metode penelitian yang digunakan untuk pembuktian terhadap informasi atau keterangan yang diperoleh sebelumnya. Saat wawancara, sangat disarankan untuk memulainya dengan pertanyaan yang mudah, dan anda harus menghindari pertanyaan multiple.

Metode yang kedua adalah observasi, yakni melalukan pengamatan terhadap suatu objek, tempat, pelaku, kegiatan, kejadian atau peristiwa, dan waktu. Jika anda menggunakan dokumen, data yang akan anda analisis berupa surat-surat, cinderamata, catatan harian, laporan, foto, dan sebagainya.

Metode yang terakhir adalah Focus Group Discussion, ini adalah teknik pengumpulan data yang sangat umum digunakan untuk skripsi kualitatif dengan tujuan untuk menemukan makna dari sebuah tema berdasarkan pemahaman dari sebuah kelompok.

Incoming search terms:

Metode Skripsi Yang Wajib Anda Ketahui Dalam Proses Penyusunan Skripsi

Metode Skripsi Yang Wajib Anda Ketahui Dalam Proses Penyusunan Skripsi Metode Skripsi Yang Wajib Anda Ketahui Dalam Proses Penyusunan Skripsi tesisDalam penyusunan suatu skripsi, salah satu hal terpenting yang harus disertakan adalah metode skripsi. Metode atau metodologi skripsi merupakan gambaran dari langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti dalam menjawab rumusan masalah dari penelitian. Dan jawaban-jawaban dari rumusan masalah tersebut akan diuraikan pada pembahasan selanjutnya. Metode yang digunakan dalam skripsi berbeda-beda antara peneliti satu dengan peneliti yang lain. Hal ini tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan serta objek yang diteliti.

Ada beberapa hal penting yang harus diikutserakan dalam suatu metode penelitian. Yang pertama adalah jenis penelitian. Jenis penelitian ini berhubungan dengan sifat dari data yang diteliti atau teknik yang digunakan dalam menganalisis data. Pada dasarnya ada dua jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan data numerik atau angka dan analisisnya menggunakan cara matematis atau dengan tektik statistik. Sedangkan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan data string atau sebagai bentuk record dari suatu kondisi tertentu, misalnya kondisi individu, kondisi masyarakat atau sosial, dan sebagainya. Penelitian kualitatif ini cenderung berkaitan dengan kualitas atau sifat dan perilakunya.

Kedua, dalam metode skripsi juga harus disertakan waktu dan tempat penelitian. Waktu dalam penelitian merupakan keseluruhan waktu yang digunakan sejak penelitian itu dimulai, yaitu pada saat pengambilan data. Sedangkan tempat penelitian merupakan tempat dimana anda melakukan penelitian atau tempat anda mengambil data. Anda harus mempunyai alasan ilmiah yang kuat dan logis mengapa anda memilih tempat tersebut untuk penelitian skripsi.

Ketiga, anda harus mencantumkan data dan pengumpulan data dalam metode skripsi anda. Ada dua macam data yang digunakan dalam suatu penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang didapat melalui suatu pengukuran langsung yang dilakukan oleh peneliti sendiri, jadi bukan dari data yang sudah tersedia. Sedangkan data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan telah didokumentasikan sehingga dapat digunakan oleh pihak lain yang akan melakukan penelitian.

Keempat, yang harus disertakan dalam metode skripsi adalah populasi, sampel, dan sampling. Anda harus menentukan populasi yang anda gunakan dalam penelitan dengan spesifik. Sampel yang digunakan juga jangan terlalu banyak untuk mempermudah penelitian, tetapi juga jangan terlalu sedikit. Sedangkan cara pengambilan sample ada tiga cara yaitu random sampling, stratified sampling, dan Cluster sampling.

Incoming search terms: