Metode Skripsi Yang Wajib Anda Ketahui Dalam Proses Penyusunan Skripsi

Dalam penyusunan suatu skripsi, salah satu hal terpenting yang harus disertakan adalah metode skripsi. Metode atau metodologi skripsi merupakan gambaran dari langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti dalam menjawab rumusan masalah dari penelitian. Dan jawaban-jawaban dari rumusan masalah tersebut akan diuraikan pada pembahasan selanjutnya. Metode yang digunakan dalam skripsi berbeda-beda antara peneliti satu dengan peneliti yang lain. Hal ini tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan serta objek yang diteliti.

Ada beberapa hal penting yang harus diikutserakan dalam suatu metode penelitian. Yang pertama adalah jenis penelitian. Jenis penelitian ini berhubungan dengan sifat dari data yang diteliti atau teknik yang digunakan dalam menganalisis data. Pada dasarnya ada dua jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan data numerik atau angka dan analisisnya menggunakan cara matematis atau dengan tektik statistik. Sedangkan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan data string atau sebagai bentuk record dari suatu kondisi tertentu, misalnya kondisi individu, kondisi masyarakat atau sosial, dan sebagainya. Penelitian kualitatif ini cenderung berkaitan dengan kualitas atau sifat dan perilakunya.

Kedua, dalam metode skripsi juga harus disertakan waktu dan tempat penelitian. Waktu dalam penelitian merupakan keseluruhan waktu yang digunakan sejak penelitian itu dimulai, yaitu pada saat pengambilan data. Sedangkan tempat penelitian merupakan tempat dimana anda melakukan penelitian atau tempat anda mengambil data. Anda harus mempunyai alasan ilmiah yang kuat dan logis mengapa anda memilih tempat tersebut untuk penelitian skripsi.

Ketiga, anda harus mencantumkan data dan pengumpulan data dalam metode skripsi anda. Ada dua macam data yang digunakan dalam suatu penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang didapat melalui suatu pengukuran langsung yang dilakukan oleh peneliti sendiri, jadi bukan dari data yang sudah tersedia. Sedangkan data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan telah didokumentasikan sehingga dapat digunakan oleh pihak lain yang akan melakukan penelitian.

Keempat, yang harus disertakan dalam metode skripsi adalah populasi, sampel, dan sampling. Anda harus menentukan populasi yang anda gunakan dalam penelitan dengan spesifik. Sampel yang digunakan juga jangan terlalu banyak untuk mempermudah penelitian, tetapi juga jangan terlalu sedikit. Sedangkan cara pengambilan sample ada tiga cara yaitu random sampling, stratified sampling, dan Cluster sampling.

Incoming search terms:

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Metode Skripsi Yang Wajib Anda Ketahui Dalam Proses Penyusunan Skripsi | admin | 4.5

Leave a Reply

Email
Print