Mempelajari Pentingnya Konsultasi Skripsi Dalam Proses Penyusunan Skripsi

Mempelajari Pentingnya Konsultasi Skripsi Dalam Proses Penyusunan Skripsi Mempelajari Pentingnya Konsultasi Skripsi Dalam Proses Penyusunan Skripsi tesisKonsultasi skripsi merupakan salah satu bagian yang penting dari proses penulisan skripsi, yang sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pengerjaan skripsi. Biasanya mahasiswa melakukan konsultasi mengenai skripsi mereka dengan dosen pembimbing atau dosen yang ahli dalam bidtesisang studi atau materi yang dibahas dalam skripsi. Konsultasi ini dimulai sejak penentuan topik skripsi sampai dengan selesai dan mahasiswa siap untuk ujian skripsi atau sidang skripsi.

Selain dosen pembimbing dan dosen lain yang bersangkutan, konsultasi skripsi juga bisa dilakukan dengan jasa konsultan skripsi. Sekarang ini tersedia banyak sekali jasa konsultan skripsi yang memberikan tawaran-tawaran menarik mengenai pengerjaan skripsi. Sebenarnya keberadaan konsultan-konsultan skripsi ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal konsultasi dengan dosen pembimbing, atau bagi mereka yang memerlukan tambahan waktu untuk berkonsultasi. Hal ini karena sering kali dosen pembimbing hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk konsultasi skripsi sehingga hasil dari konsultasi tersebut kurang maksimal.

Saat anda berkonsultasi dengan dosen pembimbing, sebenarnya dosen anda sudah mulai memberkan penilaian terhadap skripsi anda.  Penilaian terhadap skripsi pada umumnya berkisar antara ide, proses penyusunan, isi dan kualitas tulisan, dan serta cara membawakan ide dan tulisan baik dalam seminar maupun ujian akhir skripsi.

Adapun tahap-tahap dalam konsultasi skripsi yang harus anda persipkan sebelum menghadap dosen pembimbing anda antara lain:

1. Anda harus sudah menentukan judul skripsi anda sesuai dengan ide yang akan anda jadikan topik pembahasan dalam skripsi anda. Di sini anda harus punya gambaran tentang ide keseluruhan dari skripsi yang akan anda buat, sehingga anda akan mudah menyampaikan ide anda kepada dosen pembimbing.

2. Sangat disarankan pada mahasiswa yang akan melakukan konsultasi untuk banyak membaca referensi-referensi yang berkaitan dengan skripsi yang akan dibuat. Hal ini bertujuan untuk membangun argumen-argumen yang mendasari anda dalam menentukan judul dan materi pembahasan untuk skripsi anda. Selain itu, referensi-referensi yang anda baca juga akan mempengaruhi proses penulisan skripsi anda seperti, menentukan kerangka teori, analisis, dan pembahasan.

3. Penting sekali sebelum anda berkonsultasi untuk mempersiapkan daftar pertanyaan-pertanyaan yang akan anda ajukan kepada dosen pembimbing anda. Selain untuk menghemat waktu, hal ini juga akan sangat membantu anda menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang anda temui dalam pengerjaan skripsi.

Dengan demikian, konsultasi skripsi anda akan berjalan lancar dan besar kemungkinan bahwa skripsi anda juga akan cepat selesai. Anda harus benar-benar serius selama proses pengerjaan skripsi dan jangan mudah menyerah sekalipun banyak tatangan yang harus anda hadapi.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *