Langkah Mudah Untuk Menyusun Skripsi Pertanian

Skripsi pertanian adalah skripsi yang harus disusun oleh mahasiswa yang mengambil program studi ilmu pertanian atau teknik pertanian. Tentunya skripsi yang disusun sangat erat kaitannya dengan bidang pertanian seperti analisis pemasaran gabah dan beras, agroindustri, produktivitas petani, dan lain sebagainya. Mahasiswa jurusan pertanian harus pandai-pandai mengamati fenomena-fenomena dalam bidang pertanian yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah skripsi.

Berikut ini beberapa contoh judul skripsi pertanian yang dapat membantu anda menemukan ide untuk skripsi yang akan anda buat, diantaranya Upaya Menentukan Ukuran Bisnis Antara Pabrik Gula Dan Petani Melalui Perhitungan Rendemen Dengan Metode Faktor Rendemen, Faktor Overall Recovery Dan Faktor Kristal, Dampak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Konsumsi Pangan dan Non Pangan Mahasiswa, Analisa Nilai Tambah Agroindustri Sirup Markisa, dan masih banyak lagi yang lain. Anda dapat mencari informasi tentang skripsi-skripsi pertanian baik dari internet maupun perpustakaan.

Seperti skripsi-skripsi di bidang ilmu yang lain, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses menyelesaikan skripsi pertanian. Langkah yang pertama adalah menentukan topik skripsi. Anda dapat menemukan topik skripsi dengan membaca referensi-referensi tentang pertanian. Selain itu, anda juga dapat mencari inspirasi topik skripsi dengan melihat bidang pertanian di lingkungan anda, terutama jika anda tinggal di daerah pedesaan.

Langkah yang kedua dalam menyusun skripsi pertanian adalah menentukan judul. Judul skripsi harus mendapat persetujuan dari dosen pembimbing. Anda harus bisa membuat judul yang berbeda dari skripsi-skripsi pertanian yang sudah ada, dan tidak boleh sama persis. Judul skripsi yang menarik akan membuat orang lain tertarik untuk membaca lebih jauh tentang skripsi yang anda susun.

Langkah ketiga adalah menentukan rumusan masalah. Dari rumusan masalah ini, anda akan memberikan penjelasan-penjelasan tentang skripsi yang anda buat, sehingga akan terfokus pada pembahasan tertentu saja.

Langkah yang keempat adalah menentukan teknik atau metode penelitian. Metode penelitian terdiri dari metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Jika skripsi anda berhubungan dengan angka-angka, maka metode yang harus anda gunakan adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian kualitatif digunakan untuk menganalisa suatu kondisi tertentu.

Langkah yang kelima adalah memberikan uraian-uraian atau penjelasan-penjelasan dan analisis dari penelitian anda. Penjelasan ini termasuk analisis anda terhadap objek yang diteliti.

Langkah yang terakhir adalah membuat kesimpulan dari keseluruhan pembahasan dalam skripsi pertanian anda. Selain itu, anda juga perlu menambahkan saran yang menjadi penghubung antara teori yang anda gunakan dalam skripsi dengan objek yang anda teliti.

Incoming search terms:

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Langkah Mudah Untuk Menyusun Skripsi Pertanian | admin | 4.5

Leave a Reply

Email
Print