Langkah-langkah Mudah Dalam Menyusun Skripsi PAI Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam

Skripsi PAI atau Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana S1 bagi mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan agama islam di perguruan tinggi. Skripsi ini mungkin agak berbeda dari skripsi pada umumnya karena dalam penyusunannya banyak menggunakan pedoman-pedoman agama Islam. Selain itu, skripsi ini memerlukan kecermatan dalam pengerjaannya apabila dalam pembahasannya memakai dasar Al-quran, yang merupakan kitab suci umat Islam. Misalnya, jika ada kesalahan dalam menulis ayat-ayat yang ada di Al-quran dapat mempengaruhi makna ayat tersebut, bahkan bisa jadi maksudnya bisa berbeda.

Beberapa contoh skripsi PAI yang dapat dijadikan referensi antara lain Konsep Pendidikan Islam Menurut Alquran (Kajian Terhadap Alquran Ayat 13-19), Pendidikan Anak di Desa (Studi Tentang Taman Pendidikan Al-quran), Akurasi Media Audio Sebagai Sarana Proses Belajar Mengajar Dalam Meningkatkan Kualitas Guru PAI, Studi Korelasi Antara Prestasi Belajar Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Keterampilan Sekolah Siswa Kelas VII SMP, dan sebagainya. Banyak kajian ilmu dari pendidikan agama Islam yang dapat anda pilih sebagai bahan materi untuk skripsi anda. Pemilihan materi hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anda sehingga anda dapat dengan mudah menyusun skripsi tersebut, serta mempertahankan argumen-argumen anda dalam ujian skripsi nantinya.

Langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam penyusunan skripsi PAI diantaranya adalah menentukan topik dan judul yang akan diangkat menjadi sebuah skripsi. Anda harus kreatif dalam membuat judul agar mudah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing anda. Jika judul skripsi anda terlalu umum, bisa jadi dosen anda akan menolaknya dan anda harus mencari judul yang lain untuk skripsi yang akan anda buat. Selain itu anda juga harus bisa mencermati fenomena-fenomena langka yang ada, baik di sekolah ataupun di masyarakat. Ini akan sangat mempengaruhi kualitas skripsi anda.

Langkah berikutnya adalah menentukan rumusan masalah akan dibahas dalam skripsi PAI anda. Rumusan masalah ini harus ada kaitannya dengan judul skripsi yang anda buat karena pada akhirnya rumusan masalah ini juga akan menentukan isi keseluruhan dan kesimpulan yang akan anda buat. Jika anda menemui kesulitan dalam mengerjakan skripsi anda, jangan segan-segan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing anda. Akan lebih baik apabila anda sering berkonsultasi dengan dosen pembimbing demi terciptanya skripsi yang berkualitas dan ujian skripsi anda juga akan berjalan lancar.

Incoming search terms:

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Langkah-langkah Mudah Dalam Menyusun Skripsi PAI Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam | admin | 4.5

Leave a Reply

Email
Print