Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Skripsi EkonomiAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi  Di Kabupaten Wonogiri Periode Tahun 2001-2008

pariwisata Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pariwisata

Latar Belakang Skripsi 

Demi tercapainya cita-cita dan tujuan untuk mensejahteraan dan meningkatkan taraf hidtesisup masyarakat, maka pemerintah dalam melaksanakan pembangunan seharusnya tidak terbatas pada pembangunan sektor perekonomian semata, namun sektor-sektor lain yang saling terkait juga harus diupayakan pembangunanya.

Salah satu sektor yang tergantung pada sektor lain yaitu sektor pariwisata yang sangat tergantung pada stablitas nasional dan jaminan keamanan, tetapi masih belum terlalu diperhatikan dan digarap secara maksimal. Sektor pariwisata yang sangat terkait dengan sektor lain, merupakan suatu tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk memberikan yang terbaik bagi “tamu” yang datang berkunjung mulai dari jaminan keamanan dan kenyamanan selama berada di wilayah Indonesia. Industri pariwisata diharapkan mampu menunjukan perananya pada sektor perekonomian, sosial, budaya, penerimaan devisa,

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut:

1.  Bagaimana perkembangan pendapatan sektor pariwisata di Kabupaten Wonogiri periode tahun 2001-2008?

2.  Bagaimana kontribusi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wonogiri periode tahun 2001-2008?

3.  Faktor-faktor seperti jumlah wisatawan, lama menginap dan biaya pengelolaan apakah mempengaruhi pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Wonogiri?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wonogiri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data sekunder serta objek yang diteliti adalah 4 data penelitian dari tahun 2001-2008 yaitu jumlah wisatawan, rata-rata lama menginap, biaya pengelolaan pariwisata, pendapatan pariwisata serta pendapatan asli daerah (PAD) KabupatenWonogiri.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian pada bab IV, maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut:

1.  Pekembangan pendapatan pariwisata menunjukkan kecenderungan meningkat. Keadaan ini memberikan gambaran bahwa pendapatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri cukup baik. Dengan meningkatnya pendapatan tersebut diharapkan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten Wonogiri. Namun pada kenyataannya pendatapan pariwisata tidak semuanya masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena sebagian masuk ke Pendapatan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena masih terdapat beberapa obyek wisata yang menjadi milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sehingga masih diperlukan usaha bagi pemerintah daerah Kabupaten Wonogiri agar aset-aset tersebut dapat segera dijadikan sebagai aset pemerintah daerak Kabupaten Wonogiri.

2.  Kontribusi pendapatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terhadap pertumbuhan ekonomi yang dilihat melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih mengalami penurunan. Walaupun pendapatan pariwisata dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun dilihat dari perhitungan diatas ternyata pendapatan periwisata belum dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena diimbangi pula kenaikan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wonogiri yang sangat tajam dari sektor-sektor lain.

3.  Jumlah wisatawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya pendapatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wnogiri. Sehingga diperlukan usaha Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk meningkatkan promosi dan perbaikan fasilitas publik obyek wisata, sehingga dapat menarik wisatawan agar berkunjung. Selain itu peningkatan jumlah wisatawan diharapkan  akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan penjualan cinderamata maupun dalam penyediaan tempat-tempat hunian untuk wisatawan sehingga pendapatan masyarakat sekitar juga akan meningkat.

4.  Biaya pengelolaan pariwisata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Hal ini disebabkan karena biaya pengelolaan digunakan untuk membiayai semua kegiatan pariwisata di Kabupaten Wonogiri yang dilakukan dalam rangka menarik minat wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk meningkatkan pendapatan pariwisata.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *