Judul Skripsi Mirip tetapi Bukan Plagiat

Judul Skripsi Mirip tetapi Bukan Plagiat Judul Skripsi Mirip tetapi Bukan Plagiat tesisAda pertanyaan yang saya peroleh dari Yahoo! Answes sbb :

gw buat skripsi sudah mau selesai tetapi gw nemuin kl judul skripsi yg gw buat mirip dengan skripsi orang lain kl isi’y g tau mirip’y kayak mana masalah’y cuma dipublis judul’y az g ada abstrak dll, apa yang harus gw perbuat ne gan kl ngulang dari awal berat masalah’y penelitian dah keluar dana dan waktu, dilanjutin atau ngulang dari awal nyari judul baru lagi gan???

Tentu saja ada banyak sekali judul-judul skripsi yang telah dibuat. Namun demikian ada cara tertentu supaya dua skripsi yang memiliki judul yang mirip bukanlah plagiat dari skripsi yang satunya.

Sebuah skripsi dianggap plagiat dari skripsi atau tesis yang lain jika ada kemiripan pada KONTEN atau ISI. Biasanya di tetapkan standar bahwa ada kemiripan sebanyak 30 % dari isi sudah merupakan suatu tindakan plagiat. Kemiripin isi atau konten bisa terjadi pada Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, sampai Bab V. Kemiripan di sini dapat diketahui secara awam dengan adanya kesamaan pada 1 sub-bab dari suatu Bab.

Kalau di negara-negara yang sudah maju dimana perpustaaan dari masing-masing universitas sudah terhubung, mereka memiliki suatu program untuk mengetahui kemiripan konten dari suatu karya tugas akhir dengan tugas akhir yang lain. Dengan demikian, jika ada kemiripan konten maka akan langsung ketahuan dengan sendirinya. Bagaimana pun kita harus waspada jika negara Indonesia sudah maju, maka kemiripan konten ini juga akan terintegrasikan kedalam satu sistem. Entah kapan.

Oleh karenanya walaupun judul dari skripsi kamu mirip dengan skripsi orang atau tesis orang lain tetap PD saja untuk melanjutkan skripsi yang sudah mulai kamu kerjakan. Apalagi jika kamu belum pernah melihat judul skripsi yang judulnya mirip tersebut kemungkinan besar tidtesisak akan terjadi.

Incoming search terms:

3 pemikiran pada “Judul Skripsi Mirip tetapi Bukan Plagiat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *