Hubungan Pendidikan Dan Sikap Ibu Dengan Pemberian Asi Ekslusif

Skripsi KesehatanHubungan Pendidtesisikan Dan Sikap Ibu Dengan Perilaku Pemberian Asi Ekslusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong

asi eksklusif Hubungan Pendidikan Dan Sikap Ibu Dengan Pemberian Asi Ekslusif Hubungan Pendidikan Dan Sikap Ibu Dengan Pemberian Asi Ekslusif asi eksklusif

Latar Belakang Skripsi 

Berbagai alasan dikemukakan oleh ibu-ibu mengapa keliru dalampemanfaatan ASI secara Eksklusif kepada bayinya, antara lain adalah produksiASI kurang, kesulitan bayi dalam menghisap ASI, keadaan puting susu ibu yangtidak menunjang, ibu bekerja, keinginan untuk disebut modern dan pengaruhiiklan/promosi pengganti ASI dan tidak kalah pentingnya adalah anggapan bahwasemua orang sudah memiliki pengetahuan tentang manfaat ASI padahal tidaksemuanya mengerti dan mengetahuinya (Siregar, 2004).

Air susu ibu terbukti sangat bermanfaat tapi pada kenyataannya cakupan pemberian ASI Ekslusif sampai saat ini masih rendah. Hasil Survey Kesehatan dan Demografi Indonesia (SKDI) tahun 1991 menerangkan bahwa praktekpemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih rendah, yaitu baru mencapai 53,7%dan hasil SKDI tahun 1994 turun menjadi 47,3% sedangkan  SKDI tahun 1997cakupan ASI Ekslusif dilaporkan sebesar 52%. SKDI tahun 2002-2003didapatkan data jumlah pemberian ASI Eksklusif pada bayi di bawah usia 2 bulanhanya mencakup 64% dari total bayi yang ada. Persentase tersebut menurunseiring dengan bertambahnya usia bayi yakni 46% pada bayi usia 2-3 bulan dan14% pada bayi usia 4-5 bulan. Seiring menurunnya cakupan ASI Eksklusif secaraotomatis pemakaian susu formula meningkat 3 kali lipat antara tahun 1997-2002 (Anonim, 2005).

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan masalahsebagai berikut:

1. Adakah hubungan antara pendidikan ibu dengan perilaku pemberian ASIEksklusif?

2. Adakah hubungan antara sikap ibu terhadap perilaku pemberian ASI Ekslusifdengan perilaku pemberian ASI Eksklusif?

3. Adakah hubungan antara pendidikan dan sikap ibu terhadap perilakupemberian ASI Ekslusif dengan perilaku pemberian ASI Eksklusif?

Kesimpulan 

Dari pembahasan yang telah disampaikan dapat disimpulkan sebagai berikut

  1. Ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu denganprilaku pemberian ASI Ekslusif.
  2. Ada hubungan positif yang signifikan antara sikap ibu dengan prilakupemberian ASI Ekslusif.
  3. Ada hubungan positif yang signifikan secara simultan antara tingkatpendidikan dan sikap ibu terhadap prilaku pemberian ASI Ekslusif.

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *