Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Bimbingan Skripsi

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Bimbingan Skripsi Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Bimbingan Skripsi tesisBimbingan skripsi merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan arahan, bantuan, saran, dan koreksi atas skripsi yang sedang disusun. Banyak sekali mahasiswa yang mengeluhkan betapa susahnya membuat janji dengan dosen untuk melakukan bimbingan skripsi dan menunggu sangat lama karena harus giliran dengan mahasiswa lain yang juga melakukan bimbingan. Ada juga yang sampai frustasi karena harus melakukan revisi berulang-ulang pada saat bimbingan skripsi. Belum lagi kalau dosen pembimbing sering marah-marah karena masih terdapat kesalahan di sana sini pada skripsi anda. Hal tersebut sebenarnya merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa demi meraih gelar sarjana. Selain itu, tantangan-tantangan dalam proses penulisan skripsi akan menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Saat ini bimbingan skripsi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mahasiswa tidtesisak harus bertatap muka secara langsung tetapi bisa juga menggunakan media elektronik untuk berkomunikasi seperti handphone dan internet. Jadi mahasiswa dapat melakukan bimbingan skripsi melalui sms, telepon atau chatting di internet. Selain itu, untuk menghemat pengeluaran, terutama untuk menekan biaya yang digunakan untuk mengeprint draft skripsi, mahasiswa dapat mengirimkan file skripsi mereka melalui email. Namun tentu saja tidak semua dosen pembimbing bersedia memberikan bimbingan dengan cara tersebut. Anda harus pandai-pandai melobi dosen anda untuk mempermudah penyelesaian skripsi anda.

Untuk memperlancar proses penyusunan skripsi anda, pada saat bimbingan skripsi anda harus siap dengan materi yang akan anda konsultasikan, serta perkembangan dari hasil kerja anda. Jangan sampai anda datang ke dosen pembimbing anda tanpa membawa materi apapun. Tentu saja dosen anda bisa marah besar. Agar bimbingan skripsi anda efektif, anda dapat membuat janji dengan dosen pembimbing minimal tiga kali seminggu. Anda harus bisa menunjukkan bahwa anda bersungguh-sungguh dalam mengerjakan skripsi anda. Semakin sering anda melakukan bimbingan skripsi, maka akan semakin cepat pula proses penyusunan skripsi anda.

Selama bimbingan skripsi, anda harus berusaha untuk tidak membuat dosen pembimbing anda kecewa. Hal ini akan mempersulit anda dalam menyelesaikan skripsi, sehingga proses penyelesaiannya juga akan memakan waktu yang lama. Tunjukkan pada dosen pebimbing anda bahwa anda punya semangat dan motivasi yang besar untuk segera menyelesaikan skripsi anda. Selain itu anda juga harus disiplin dalam setiap pertemuan yang sudah anda sepakati dengan dosen pembimbing anda, demi kelancaran dan kemudahan anda dalam proses penyusunan skripsi anda.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *