Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling

Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyusun Skripsi Bimbingan Konseling tesisSkripsi bimbingan konseling adalah suatu skripsi yang wajib disusun oleh mahasiswa yang mengambil jurusan dengan program studi bimbingan konseling. Bimbingan konseling sendiri merupakan suatu proses pemberian bantuan oleh seorang ahli konseling (yang biasa disebut dengan konselor) kepada individtesisu (yang biasa disebut dengan konseli) yang sedang mengalami suatu masalah, dimana bantuan tersebut dilakukan melalui wawancara konseling. Konseli akan memperoleh saran-saran atau penyelesaian dari konselor untuk mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, konselor juga akan membantu konseli dalam memanfaatkan berbagai potensi dan sarana yang dimiliki, sehingga konseli tersebut dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri, serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan hidup.

Sebelum anda mulai menyusun skripsi bimbingan konseling, anda harus paham tentang fungsi dan tujuan dari bimbingan konseling. Ada empat macam fungsi dari bimbingan konseling konseling yang wajib anda ketahui. Fungsi yang pertama adalah fungsi pemahaman. Dalam hal ini, konselor harus dapat memahami potensi, karakteristik, dan tugas-tugas perkembangan dari peserta didik serta membantu mereka dalam memahami persoalan-persoalan tersebut secara objektif atau realistik. Fungsi yang kedua adalah fungsi preventif. Dengan fungsi preventif ini, konselor memberikan layanan orientasi dan informasi kepada peserta didik tentang berbagai aspek kehidupan yang patut dipahami agar mereka terhindar dari masalah. Fungsi yang ketiga adalah fungsi pengembangan. Dalam hal ini konselor memberikan layanan bimbingan guna membantu peserta didik agar mampu mengembangkan potensi diri serta tugas-tugas perkembangannya. Kemudian fungsi yang terakhir adalah fungsi kuratif. Fungsi kuratif ini bertujuan untuk membantu para peserta didik agar mereka dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya baik masalah sosial, pribadi, belajar, atau karir.

Adapun tujuan-tujuan dari bimbingan konseling yang harus diketahui oleh mahasiswa yang akan menyusun skripsi bimbingan konseling antara lain, mengahayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku, mengembangkan potensi diri melalui berbagai aktivitas yang positif, mampu menyelesaikan masalah secara wajar dan objektif, dan masih banyak lagi.

Dalam menyusun skripsi bimbingan konseling, anda dapat memilih salah satu jenis dari bimbingan konseling sebagai topik pembahasan. Jenis-jenis bimbingan konseling yang dapat anda pertimbangkan antara lain, bimbingan akademik, bimbingan pribadi atau sosial, bimbingan karier, dan bimbingan keluarga. Dengan memilih salah satu jenis bimbingan konseling tersebut, anda dapat mempersempit ruang lingkup penelitian sehingga sangat membantu anda untuk lebih fokus kepada satu topik pembahasan.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *