Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Bakpia Pathok

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Bakpia Pathok Di Kelurahan Ngampilan

bakpia pathok Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Bakpia Pathok Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Bakpia Pathok bakpia pathok

Latar Belakang Skripsi

Industri  kecil  juga merupakan bagian integral dari dunia usaha  nasional yang mempunyai kedudukan, potensi,  dan peranan yang  sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional.  Mengingat peranannya dalam pembangunan, usaha  kecil harus terus  dikembangkan dengan semangat kekeluargaan, saling isi mengisi,  saling memperkuat antara  industri kecil  dan besar dalam rangka  pemerataan serta mewujudkan kemakmuran yang sebesar-besarnya  bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama. Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan, sedangkan pemerintah  berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing, melindungi serta menumbuhkan iklim usaha.    Seiring dengan dibukanya kesempatan yang lebar kepada setiap orang untuk menciptakan lapangan pekerjaan, maka otomatis akan timbul pula persaingan-persaingan usaha pada bidtesisang yang sama di suatu wilayah tertentu.

Hal tersebut yang menjadi pemicu para pengusaha untuk berfikir kreatif dan menciptakan suatu inovasi yang dapat menciptakan suatu produk yang menarik, suatu produk yang berhubungan dengan masyarakat sehari-hari dan dapat mendatangkan keuntungan yang optimal. Produk makanan ringan adalah satu usaha yang banyak dilirik para pengusaha-pengusaha kecil yang mulai merintis usahanya.  Salah satunya adalah di daerah Yogyakarta, tepatnya di Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan,  Yogyakarta selain menjadi tempat tujuan berwisata, menjadi tempat perdagangan,  baik barang-barang kerajinan maupun makanan-makanan khas yang menjadi ciri khas Kota Yogyakarta. Salah satu makanan yang menjadi ciri khas Kota Yogyakarta adalah Bakpia Pathok.  Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathok Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah yaitu :

1. Bagaimana pengaruh modal usaha terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

2. Bagaimana pengaruh lama usaha terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

3. Bagaimana pengaruh waktu dagang terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

4. Bagaimana pengaruh pendidikan yang telah ditempuh  pedagang  terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

5. Bagaimana pengaruh jumlah tenaga kerja pedagang terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

6. Bagaimana pengaruh  tingkat  upah tenaga kerja pedagang terhadap keuntungan pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan ?

Tujuan Penelitian 

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat keuntunganusaha para pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan.

Kesimpulan

1.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel  modal usaha, waktu dagang, dan jumlah tenaga kerja  tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan  pedagang  Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan,  jadi hipotesis yang menyatakan bahwa  variabel  modal usaha  yang dibutuhkan, waktu dagang, dan jumlah tenaga kerja pedagang  mempunyai pengaruh  terhadap keuntungan ternyata  tidak terbukti.

2.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel pengalaman usaha, pendidikan yang telah ditempuh, dan tingkat upah tenaga kerja pedagang Bakpia Pathok di Kelurahan Ngampilan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan  pedagang ,  jadi hipotesis yang menyatakan bahwa  variabel  pengalaman usaha, pendidikan yang telah ditempuh  pedagang, dan tingkat upah tenaga kerja pedagang  mempunyai pengaruh terhadap keuntungan ternyata  terbukti mempunyai pengaruh positif.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *