Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Financial Leverage Perusahaan

Skripsi Ekonomi~ Pengaruh Kualitas Audit, Free Cash Flow, Dan Profitabilitas Terhadap Financial Leverage Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI

industri manufaktur Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Financial Leverage Perusahaan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Financial Leverage Perusahaan industri manufaktur

Latar Belakang Skripsi

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan menghasilkan laba selama periode tertentu. Menurt Myer dalam Hamzah (2006) kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba merupakan indikator bahwa semakin tinggi profitabilitas yang dimiliki  oleh perusahaan maka semakin kecil kebijakan hutang yang diambil oleh perusahaan sehingga dapat mengurangi agency cost.

Berdasarkan  pecking order theory  disebutkan bahwa  hutang secara khusus akan naik pada saat kesempatan investasi melebihi laba ditahan dan turun pada saat kesempatan investasi kurang dari laba ditahan (Marcus, Myers, dan Brealey, 2007). Jika profitabilitas dan pengeluaran investasi tetap maka perusahaan dengan profitabilitasyang tinggi akan menggunakan hutang yang relatif rendah  sedangkan  pada investasi yang memberikan keuntungan, maka penggunaan hutang oleh perusahaan akan cenderung meningkat (Brigham dan Houston, 2001). Dengan kata lain, perusahaan dengan kondisi keuangan yang baik akan cenderung menggunakan hutang relatif lebih rendah meskipun mempunyai kesempatan untuk meminjam yang lebih.

Perumusan Masalah

Perumusan masalah  yang akan diuji dalam penelitian  ini adalah sebagai berikut:

1.  Apakah kualitas audit berpengaruh terhadap  financial leverage  pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

2.  Apakah  free  cash flow  berpengaruh terhadap  financial leverage  pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

3.  Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap  financial leverage  pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas audit, free cash flow, dan profitabilitas terhadap  financial leverage.  Financial leverage diukur dengan menggunakan  debt to equity ratio  (DER). Kualitas audit diukur dengan menggunakan ukuran kantor akuntan publik, dengan membedakan perusahaan yang diaudit oleh KAP  big-4  dan KAP  non big-4.

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data yang telah dilakukan pada Bab IV maka dapat disimpulkan bahwa:

1.  Kualitas Audit dan Financial Leverage

Hasil  analisis data  yang telah dilakukan menunjukkan  bahwa  kualitas audit mempunyai pengaruh negatif    signifikan  terhadap  leverage  yang dihitung melalui  debt to equity ratio  (DER). Hasil  tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Chang, Dasgupta, Hilary (2009). Jika perusahaan di audit oleh Kantor Akuntan Publik yang termasuk big-4, perusahaan akan cenderung untuk menerbitkan saham yang dimiliki dari pada mengambil kebijakan utang sehingga financial leverage semakin rendah.

2.  Free Cash Flow dan Financial Leverage

Hasil  analisis data yang telah dilakukan membuktikan bahwa  free cash flow mempunyai pengaruh negatif    signifikan  terhadap  leverage  yang dihitung melalui  debt to equity ratio  (DER).  Penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan  oleh  Putri dan Nasir (2006). Free cash flow  meningkat menunjukkan perusahaan mampu untuk membayar hutang-hutang perusahaan, sehingga jumlah hutang perusahaan menjadi menurun.

3.  Profitabilitas dan Financial Leverage

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan  bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh negatif  signifikan terhadap leverage yang dihitung melalui  debt to equity ratio  (DER). Hasil tersebut  sesuai dengan penelitian Kaaro  (2003),  dan Kurniasih (2009), yang menunjukkan  bahwa profitabilitas berpengaruh negatif pada  kebijakan hutang  perusahaan. Berarti perusahaan dengan kondisi keuangan yang baik akan cenderung menggunakan hutang yang lebih rendah meskipun mempunyai kesempatan untuk meminjam yang lebih banyak.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *