Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Lele

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Lele Di Kabupaten Sukoharjo

ikan lele Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Lele Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Lele ikan lele

Latar Belakang Skripsi 

Ikan lele merupakan salah satu komoditas unggulan air tawar yang penting dalam rangka pemenuhan peningkatan gizi masyarakat. Komoditas perikanan ini  mudah dibudidtesisayakan dan harga ikan lele  terjangkau oleh lapisan masyrakarat bawah.  Permintaan lele untuk pasar Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 20 ton per hari dan untuk pasar Jawa Timur mencapai 30  ton per hari. Dengan demikian prospek pasar lele  dumbo di masa yang akan datang memang menjanjikan yang ditandai dengan permintaan dan harga lele tiap tahunnya cenderung meningkat (Mahyuddin, 2010).

Kabupaten Sukoharjo  merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mengembangkan budidaya  ikan di kolam dan karamba. Sub Dinas Perikanan,  sebagai dinas terkait pengembangan dan pembinaan perikanan, memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi dan konsumsi ikan. Usaha yang telah dilaksanakan,  salah satunya,  adalah  terbentuknya Desa Mina Lele di Kecamatan Nguter. Menurut publikasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan  Provinsi  Jawa Tengah  tahun 2009, Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu sentra produksi ikan lele.

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh variabel harga ikan lele, harga ikan nila merah, harga daging ayam  ras,  harga  beras  dan  pendapatan per kapita  terhadap permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo?
  2. Sejauh mana tingkat  elastisitas permintaan ikan  lele  di  Kabupaten Sukoharjo?

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo dan tingkat kepekaan (elastisitas) permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu di Kabupaten Sukoharjo. Data yang digunakan adalah  time series  selama 16 tahun dari tahun 1995-2010.

Kesimpulan

Penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo ini menghasilkan beberapa kesimpulan :

  1. Harga ikan lele, harga ikan nila merah, harga  daging ayam ras, harga beras dan  pendapatan per  kapita adalah faktor-faktor yang secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo.  Harga beras dan pendapatan per kapita secara parsial signifikan  terhadap permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo sampai pada tingkat kepercayaan 99%. Harga ikan lele signifikan terhadap  permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo  sampai pada tingkat kepercayaan 95%. Harga daging ayam ras  signifikan terhadap permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo  sampai pada tingkat kepercayaan 90%.  Sedangkan  variabel  seperti harga  ikan nila merah secara parsial tidak memiliki hubungan yang nyata terhadap permintaan ikan lele di Kabupaten Sukoharjo.
  2. Permintaan ikan lele bersifat  elastis  karena ikan lele memiliki banyak subtitusi. Nilai elastisitas silang dengan harga  ikan nila merah dan harga daging ayam ras  bertanda positif yang berarti kedua bahan pangan tersebut merupakan subtitusi  ikan lele. Nilai elastisitas positif pada harga beras menjelaskan bahwa beras bukan bahan pangan pelengkap dari  ikan lele.  Nilai elastisitas pendapatan bertanda positif  yang menunjukkan bahwa ikan lele adalah barang normal (kebutuhan pokok).
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *