Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain Di Beteng Trade Center ( BTC ) Surakarta Setiap

pedagang kain Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain pedagang kain

 

Latar Belakang Skripsi 

usaha di sektor informal dituntut memiliki daya adaptasi yang tinggi secara cepat dan usaha antisipasi perkembangan dalam lingkungan usaha agar sektor informal tersebut dapat bertahan dalam keadaan sulit sekalipun. Dibalik era perubahan yang terus menerus terjadi, tentunya peluang usaha yang ada harus dapat dimanfaatkan secara optimal. Dalam hal ini usaha di sektor informal tersebut dapat bertahan dalam keadaan yang sulit sekalipun.

Dalam hal ini usaha di sektor informal diharapkan mampu mengidtesisentifikasikan peluang yang muncul akibat adanya perubahan tersebut (Harsiwi:2003:2). Dalam keadaan seperti ini masyarakat tidak bisa berharap terlalu banyak untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal, masyarakat saat ini cenderung bersaing untuk mencari peluang bisnis yang diharapkan mampu menambah pendapatan. Salah satu sektor informal yang tidak memerlukan ketrampilan khusus adalah berdagang, dalam hal ini adalah pedagang pasar. Namun mereka yang bekerja di sektor informal khususnya pedagang harus mampu mandiri dan ulet dalam bekerja agar dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dibuat rumusan permasalahan sebagai berikut :

1. Apakah variabel modal, Jam kerja, pengalaman usaha, jumlah tenaga kerja, dan pendidikan pedagang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta ?

2. Apakah variabel modal, jam kerja, pengalaman, jumlah tenaga kerja, dan pendidikan pedagang secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini dengan judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta untuk mengetahui deskripsi dan menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel modal, jam kerja, pengalaman, jumlah tenag kerja, dan pendidikan pedagang serta mengetahui apakah variable modal, jam kerja, pengalaman, jumlah tenaga kerja, dan pendidikan pedagang secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Variabel modal, jam kerja, pengalaman, jumlah tenaga kerja, dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta:

2. Dari 5 variabel yaitu modal, jam kerja, pengalaman, jumlah tenaga kerja, dan pendidikan pedagang secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatn pedagang kain di Beteng Trade Center (BTC) Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *