Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hutang Luar Negeri Pemerintah Indonesia

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Hutang Luar Negeri Pemerintah Indonesia   Dari Tahun 1990-2009

hutang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hutang Luar Negeri Pemerintah Indonesia Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hutang Luar Negeri Pemerintah Indonesia hutang

Latar Belakang Skripsi 

Dalam rangka upaya penghimpunan dana dari masyarakat dana dapat diperoleh dan  sumber  pengerahan dana dari  dalam negeri dan pengerahan modal  yang bersumber dari  luar  negeri. Sumber modal  ini  dapat dijadikan  dasar dalam pengklasifikasian dana untuk pembangunan. Penghimpunan  modal dari dalam negeri pada dasarnya dapat dibagi menjadi 3 (tiga) sumber yang utama, diantaranya  yaitu: tabungan  sukarela masyarakat, tabungan  pemerintah dan tabungan paksa (Sukirno, 2002).

Upaya  penghimpunan modal  yang diperoleh  dari  dalam negeri  bagi  negara-negara yang  sedang berkembang  cenderung  relatif  lebih  sulit  diandalkan. Hal ini dikarenakan bahwa tabungan sukarela yang dipercayakan  pada  lembaga-lembaga  keuangan masih relatif sedikit dibandingkan  dengan  besarnya dana  yang dibutuhkan  untuk keperluan  pembangunan. Selain  itu adanya pola  pikir masyarakat  yang  masih  tradisional  juga akan  berdampak  pada  kepercayaan  masyarakat  yang  lemah  terhadap  lembaga keuangan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan  uraian latar belakang masalah diatas, maka dalam  penelitian ini dirumuskan permasalahan yang hendak dibahas yaitu sebagai  berikut :

1.  Bagaimana pengaruh pendapatan nasional terhadap utang luar negeri  Indonesia dari tahun 1990 – 2009?

2.  Bagaimana pengaruh  pengeluaran dalam negeri  terhadap utang luar  negeri Indonesia dari tahun 1990 – 2009?

3.  Bagaimana pengaruh  defisit anggaran  terhadap utang luar negeri  Indonesia dari tahun 1990 – 2009?

4.  Bagaimana pengaruh utang luar negeri sebelumnya terhadap utang luar  negeri Indonesia dari tahun  1990 – 2009?

5.  Bagaimana  pengaruh variabel independen (Pendapatan Nasional,  Pengeluaran Dalam Negeri, Defisit Anggaran, Utang Luar Negeri Tahun  Sebelumnya) secara bersama-sama terhadap variabel dependen (Utang Luar Negeri).

Tujuan Penelitian 

Tujuan  penelitian ini adalah  menganalisis  bagaimana  pengaruh  Pendapatan  Nasional, pengeluaran dalam negeri, defisit anggaran, utang luar negeri tahun  sebelumnya  terhadap  Utang Luar Negeri Indonesia tahun 1990-2009.

Kesimpulan

Berdasarkan  hasil analisis dan pembahasan di bab sebelumnya dapat  diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1.  Secara parsial pendapatan nasional tidtesisak berpengaruh signifikan terhadap  utang luar negeri Indonesia tahun 1990-2009.

2.  Secara parsial pengeluaran dalam negeri (PDN) tidak berpengaruh  signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia tahun 1990-2009.

3.  Defisit anggaran (DA) berpengaruh positif dan signifikan secara statistik

terhadap utang luar negeri (ULN) tahun 1990-2009. Koefisien regresi  menunjukan nilai positif, yang berarti semakin besar defisit anggaran akan  semakin besar utang luar negeri Indonesia, karena untuk membiayai defisit anggaran, pemerintah cenderung untuk menambah utang luar negeri dari pada mencari sumber-sumber pembiayaan selain utang luar negeri.

4.  Utang luar negeri tahun sebelumnya ( ) berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap utang luar negeri (ULN) tahun 1990-2009. Koefisien regresi menunjukan nilai positif, yang berarti semakin besar utang luar negeri tahun  sebelumnya  ( )  akan semakin besar utang luar negeri Indonesia.

5.  Secara simultan pendapatan  nasional, pengeluaran dalam negeri (PDN), defisit anggaran (DA) dan utang luar negeri tahun sebelumnya (ULNt-1) berpengaruh signifikan terhadap utang luar negeri (ULN).

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *