Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go-Public Di Bursa Efek Indonesia Untuk Periode Tahun 2005-2009

modal-ventura Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal  modal ventura

Latar Belakang Skripsi 

Struktur modal suatu perusahaan ditentukan oleh kebijakan pembelanjaan (financing policy)  dari manajer keuangan yang senantiasa dihadapkan pada pertimbangan baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif yang mencakup tiga unsur penting. Unsur-unsur tersebut adalah keharusan untuk membayar balas jasa atas penggunaan modal kepada pihak yang menyediakan dana tersebut (sifat keharusan untuk pembayaran biaya modal), sampai seberapa jauh kewenangan dan campur tangan pihak penyedia dana itu dalam mengelola perusahaan, dan resiko yang dihadapi perusahaan (Harmanto dalam Rizal, 2002).

Apabila kebutuhan modal perusahaan dipenuhi dengan cara menambah hutang pada saat tingkat rentabilitas ekonomi perusahaan lebih besar daripada tingkat bunga hutang, maka risiko keuangan menjadi rendah dan rentabilitas modal sendiri dengan tambahan modal asing lebih besar daripada rentabilitas modal sendiri dengan tambahan modal sendiri. Jika rentabilitas modal sendiri dengan tambahan modal asing lebih tinggi maka laba perlembar saham (EPS) akan lebih tinggi sehingga modal sendiri yang berasal dari laba ditahan akan meningkat dan dividtesisen yang harus dibayarkan akan menjadi lebih tinggi. Pada akhirnya struktur modal akan dapat optimal dan memaksimalkan harga saham sehingga dapat memaksimalkan nilai perusahaan (Riyanto, 2002).

Perumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah di atas, disusun rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah struktur aktiva berpengaruh negatif terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur?
  2. Apakah tingkat pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur ?
  3. Apakah profitabilitas berpengaruh positif terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur?
  4. Apakah likuiditas berpengaruh positif terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur?
  5. Apakah tingkat pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara strukturaktiva, tingkat pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan tingkat pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2005-2009. Sampel sebanyak 45 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda.

Kesimpulan 

Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  telah dilakukan,  maka dihasilkan kesimpulan sebagai berikut:

Dari lima hipotesis yang diajukan semua hipotesis terbukti berpengaruh terhadap struktur modal, yaitu struktur modal dan tingkat pertumbuhan perusahaan (Growth) berpengaruh negatif terhadap struktur modal sedangkan profitabilitas (ROI), likuiditas (current ratio), dan tingkat pertumbuhan penjualan  (growth sales) berpengaruh positif terhadap struktur modal.

  1. Dari hasil pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adjusted R2 sebesar 0,235. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 23,50 % variasi dari struktur modal dapat diterangkan oleh variabel struktur aktiva, tingkat pertumbuhan perusahaan (growth), profitabilitas (ROI), likuiditas (current ratio), dan tingkat pertumbuhan penjualan (growth sales), sedangkan 76,50 % diterangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam persamaan regresi.
  2. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa variabel struktur aktiva, tingkat pertumbuhan perusahaan (growth), profitabilitas (ROI), likuiditas (current ratio), dan tingkat pertumbuhan penjualan  (growth sales), secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap struktur modal.
  3. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial  semua variabel independen berpengaruh terhadap struktur modal, yaitu struktur modal dan tingkat pertumbuhan perusahaan (growth)  berpengaruh negatif terhadap struktur modal sedangkan profitabilitas (ROI), likuiditas (current ratio), dan tingkat pertumbuhan penjualan  (growth sales) berpengaruh positif terhadap struktur modal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *