Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan

Skripsi Ekonomi Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Leverage Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi  (Studi Kasus Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di BEI)

Nilai perusahaan Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Nilai perusahaan

 

Latar Belakang Skripsi 

Perusahaan akan mengungkapkan suatu informasi jika informasi tersebut dapat meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan informasi tanggung jawab sosial sebagai keunggulan  kompetitif perusahaan. Perusahaan yang memiliki kinerja lingkungan dan sosial yang baik akan direspon positif oleh investor melalui peningkatan harga saham. Apabila perusahaan memiliki kinerja lingkungan dan sosial yang buruk maka akan muncul keraguan dari investor sehingga direspon negatif melalui penurunan harga saham (Rustiarini, 2010).

Belkaoui dan Karpik (1989) menyatakan keputusan untuk mengungkapkan informasi sosial akan mengikuti suatu pengeluaran untuk pengungkapan yang menurunkan pendapatan. Sesuai dengan teori agensi maka manajemen perusahaan dengan tingkat  leverage yang tinggi akan mengurangi pengungkapan tanggung jawab sosial yang dibuatnya agar tidtesisak menjadi sorotan dari debtholders.

Perumusan Masalah

1.   Apakah corporate social responsibility mempengaruhi nilai perusahaan?

2. Apakah  leverage  memoderasi hubungan antara  corporate social responsibility dan nilai perusahaan?

3. Apakah profitabilitas  memoderasi hubungan antara  corporate social responsibility dan nilai perusahaan?

Tujuan Penelitian 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:

(1)  Pengaruh  corporate  social responsibility  terhadap  nilai  perusahaan

(2)  Pengaruh  corporate  social  responsibility terhadap  nilai  perusahaan  dengan  leverage  sebagai  variabel  moderasi

(3)  Pengaruh corporate  social  responsibility  terhadap  nilai  perusahaan  dengan  profitabilitas  sebagai variabel  moderasi.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility  terhadap nilai perusahaan, serta untuk mengetahui  leverage dan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan  corporate social responsibility dan nilai perusahaan pada perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 19. Analisis dan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

1.  Pengungkapan  corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

2.  Leverage  sebagai variabel pemoderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan corporate social responsibility dan nilai perusahaan.

3.  Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *