Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kesempatan Investasi

Skripsi Ekonomi~ Pengaruh Arus Kas Bebas, Profitabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kesempatan Investasi (Studi Empiris pada Perusahaan non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010)

akuntansi (1) Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kesempatan Investasi Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kesempatan Investasi akuntansi 11

Latar Belakang Skripsi 

Berbagai kondisi perusahaan  dapat  mempengaruhi nilai arus  kas bebas,  misalnya  bila perusahaan memiliki arus  kas bebas tinggidtesisengan tingkat  pertumbuhan rendah maka arus  kas bebas ini seharusnya didistribusikan kepada pemegang saham, tetapi bila perusahaan memiliki arus kas bebas tinggi dan  tingkat pertumbuhan tinggi maka arus  kas bebas ini dapat ditahan sementara dan bisa dimanfaatkan untuk investasi pada periode mendatang.

Karena kondisi tersebut di atas, maka mengindikasikan bahwa adanya arus kas bebas yang besar dalam suatu perusahaan belum tentu menunjukkan bahwa  perusahaan tersebut akan membagikan dividen dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan ketika perusahaan memiliki arus kas bebas yang kecil.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut ini.

1. Apakah  arus kas bebas  berpengaruh terhadap  kesempatan investasi perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010?

2. Apakah  profitabilitas  berpengaruh terhadap  kesempatan investasi perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010?

3. Apakah  pertumbuhan perusahaan  berpengaruh terhadap  kesempatan investasi  perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh arus kas bebas, profitabilitas  dan pertumbuhan perusahaan  terhadap  kesempatan investasi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk tujuan tersebut penelitian ini menggunakan 70  perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling.

Simpulan 

Pengujian data arus kas bebas, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan tipe industri  terhadap kesempatan investasi yang dilakukan dengan menggunakan model regresi berganda menunjukkan hasil bahwa  arus kas bebas dan profitabilitas berpengaruh terhadap kesempatan investasi sedangkan pertumbuhan perusahaan  dan tipe industri  tidak berpengaruh terhadap kesempatan investasi. Arus kas bebas berpengaruh  terhadap kesempatan investasi. Dengan peningkatan jumlah  arus kas bebas menyebabkan peningkatan  kesempatan perusahaan untuk melakukan investasi.

Profitabilitas perusahaan juga berpengaruh terhadap kesempatan investasi. Tingkat profitabilitas yang  tinggi pada perusahaan akan meningkatkan kemungkinan perusahaan untuk  membuka link  atau cabang yang baru serta memperbesar investasi untuk membuka investasi baru. Tingkat keuntungan yang tinggi menandakan pertumbuhan perusahaan pada masa mendatang  sehingga mempunyai kemungkinan untuk mempunyai kesempatan investasi yang tinggi. Selanjutnya,  hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan pertumbuhan perusahaan  tidak  berpengaruh terhadap  kesempatan investasi perusahaan pada masa yang akan datang (IOSt+1). Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa tinggi rendahnya variabel tersebut tidak  berpengaruh pada kesempatan perusahaan untuk melakukan investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *