Faktor-faktor Yang Berdampak Pada Return Saham Perusahaan

Skripsi Ekonomi~ Analisis Dampak Pengumuman Merger Dan Akuisisi Terhadap Abnormal Return Saham Perusahaan (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2000-2006)

pendapatan Faktor-faktor Yang Berdampak Pada Return Saham Perusahaan Faktor-faktor Yang Berdampak Pada Return Saham Perusahaan pendapatan

Latar Belakang Skripsi 

Secara umum setiap perusahaan didtesisirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas, sehingga pengembangan usaha merupakan rencana jangka panjang perusahaan. Salah satu strategi untuk menjadi perusahaan yang besar dan mampu bersaing adalah melalui ekspansi baik dalam bentuk ekspansi internal atau ekspansi eksternal. Ekspansi internal terjadi pada saat divisi-divisi yang ada dalam perusahaan tumbuh secara normal melalui kegiatan  capital budgeting sedangkan ekspansi eksternal dapat dilakukan dalam bentuk penggabungan usaha (business combination).

Dalam Accounting Principles Board (APB) Opinion No. 16 disebutkan bahwa pengembangan usaha terjadi jika satu badan usaha dengan satu atau badan usaha yang lain melakukan usaha secara bersama-sama dalam satu kesatuan akuntansi.  Penggabungan usaha dalam akuntansi ada tiga bentuk yaitu: konsolidasi, merger, dan akuisisi. Konsolidasi adalah penggabungan usaha yang dilakukan dengan pengambil alihan aktiva dan kewajiban perusahaan-perusahaan yang bergabung dengan cara membentuk perusahaan baru.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah seperti berikut ini.

1. Apakah terdapat reaksi pasar yang dibuktikan dengan  abnormal return  pada seputaran waktu pengumuman  merger dan akuisisi perusahaan?

2. Apakah terdapat perbedaan  abnormal return  di antara periode sebelum dan sesudah pengumuman  merger dan akuisisi perusahaan?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui apakah terdapat reaksi pasar yang dibuktikan dengan  abnormal return  pada seputaran waktu pengumuman  merger dan akuisisi perusahaan, perbedaan  abnormal return  di antara periode sebelum dan sesudah pengumuman  merger dan akuisisi perusahaan.

Kesimpulan

Atas dasar hasil analisis data yang telah dilakukan dan dipaparkan dalam bab sebelumnya, maka simpulan penelitian dapat diambil sebagai berikut ini.

  1. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa pengumuman merger dan akuisisi menghasilkan abnormal return yang signifikan pada periode disekitar tanggal pengumuman. Hal ini dapat dilihat dari dihasilkannya  abnormal return yang signifikan pada t-1 sampai dengan t-6, dan periode t1 sampai dengan t5. Hal ini mengindikasikan terjadinya kebocoran informasi sebelum merger dan akuisisi yang dilakukan sehingga investor melakukan insider trading yang menyebabkan  profit taking sehingga berpengaruh pada nilai saham perusahaan yang menyebabkan timbulnya abnormal return. Kebocoran informasi ini juga menyebabkan informasi yang tidak terlalu signifikan lagi bagi investor dalam melakukan kegiatan ekonomi perusahaan sehingga pada ketika pengumuman  merger dan  akuisisi dilakukan tidak terdapat abnormal return yang terjadi. Sedangkan setelah pengumuman merger dan akuisisi terdapat lagi nilai  abnormal return yang terjadi mengindikasikan bahwa kegiatan tersebut adalah berita baik (good news) bagi investor sehingga permintaan akan saham perusahaan-perusahaan tersebut meningkat.
  2. Penelitian ini tidak mampu membuktikan adanya perbedaan yang signifikan atas  abnormal return pada periode sebelum dan sesudah pengumuman  merger dan akuisisi. Hal ini mengindikasikan respon investor yang sama pada periode sebelum dan setelah pengumuman  merger  dan akuisisi oleh karena belum dapat terukurnya kinerja perusahaan dalam jangka pendek.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *