Dampak Yang Berpengaruh Pada Tujuan Penggunaan Dana

Skripsi Ekonomi~ Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Dan Risiko Saham Berdasarkan Tujuan Penggunaan Dana (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI periode 2000-2007)

gedung_bei Dampak Yang Berpengaruh Pada Tujuan Penggunaan Dana Dampak Yang Berpengaruh Pada Tujuan Penggunaan Dana gedung bei

Latar Belakang Skripsi 

Pada dasarnya, pasar modal menjembatani hubungan antara investor dan emiten. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pasar modal adalah wahana investasi bagi investor dan wahana sumber dana bagi emiten.  Dimana  dalam menentukan keputusan investasinya, seorang investor akan mendasarkan keputusannya pada berbagai input atau masukan informasi yang dimilikinya, baik yang bersifat publik maupun informasi yang bersifat privat. Hal tersebut dikarenakan bahwa  suatu informasi dapat mempengaruhi naik turunnya harga suatu surat berharga yang diterbitkan perusahaan.

Salah satu contoh informasi yang digunakan para investor adalah  action. Pada umumnya  corporate action  secara langsung maupun tidtesisak langsung akan mempengaruhi harga saham yang beredar, komposisi kepemilikan saham, pergerakan harga saham dan lain sebagainya sehingga akan berpengaruh terhadap kepentingan  stakeholders dan khususnya shareholders  (Beni Suhendra W, 2006). Beberapa bentuk corporate action yang dilakukan para emiten adalah right issue, stock split, saham bonus, pengumuman laba, initial public offering, konversi saham dan lain sebagainya.

Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar  belakang tersebut di atas, maka dapat disimpulkan pokok permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Apakah  terdapat perbedaan  abnormal return  saham antara  sebelum dan setelah pengumuman right issue yang bertujuan untuk investasi?
  2. Apakah  terdapat perbedaan  abnormal return  saham antara sebelum dan setelah pengumuman right issue yang bertujuan untuk membayar utang?
  3. Apakah  terdapat perbedaan  variance return  saham antara sebelum  dan setelah pengumuman right issue yang bertujuan untuk investasi?
  4. Apakah terdapat perbedaan  variance return  saham antara sebelum dan setelah pengumuman right issue yang bertujuan untuk membayar utang?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui  dampak  pengumuman  right issue  terhadap  return dan risiko  saham perusahaan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Januari 2000-Desember 2007. Return saham pada penelitian ini diproksikan menjadi  abnormal return, sedangkan risiko  saham diproksikan menjadi  variance return  saham. Pengujian  kandungan informasi akan dilakukan dengan melihat perbedaan average abnormal return dan average variance return sepuluh hari sebelum dan sepuluh  hari setelah pengumuman  right issue berdasarkan tujuan penggunaan dananya.

Simpulan

Penelitian ini dilakukan dengan menguji dampak  pengumuman  right issue  terhadap  return  saham  dan risiko  saham  berdasarkan tujuan penggunaan dananya. Return saham pada penelitian ini diproksikan menjadi abnormal  return  sedangkan risiko  saham diproksikan menjadi  variance return saham.  Berdasarkan pembahasan  pada bab-bab sebelumnya,  maka dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

1)  Pengumuman  right issue  yang bertujuan untuk investasi  memiliki kandungan informasi sehingga menyebabkan  adanya reaksi pasar, dimana reaksi pasar tersebut terlihat dari terdapatnya perbedaan abnormal  return  saham  yang signifikan antara  sebelum dan setelah pengumuman  right issue yang bertujuan untuk investasi. Namun dalam jangka waktu pengamatan ini  investor belum memberikan reaksi positifnya akan tujuan penggunaan dana dari pengumuman  right issue ini yang terbukti dengan terjadinya penurunan rata-rata abnormal return saham antara sebelum dan setelah pengumuman yaitu  dari 0.00077 menjadi  -0.00548.

2) Pengumuman  right issue  yang bertujuan untuk membayar utang menyebabkan terjadinya  perbedaan  abnormal return  saham yang signifikan pada taraf signifikansi 10% antara sebelum dan setelahpengumuman  right issue  yang bertujuan untuk membayar utangSehingga hasil ini turut mendukung hipotesis kandungan informasi danpenelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Masulis dan Korwar (1986) yang memperlihatkan hubungan negatif antara  abnormal return  denganperubahan leverage yang berkaitan dengan penerbitan saham.

3) Pengumuman  right issue  yang bertujuan untuk investasi  tidakmenyebabkan    terjadinya  perbedaan  variance  return  saham  yangsignifikan antara   sebelum dan setelah pengumuman  tersebut. Walaupunterjadi perbedaan  variance return, hal tersebut  hanya dianggap sebagarisiko tetap perusahaan (Fadhilah :2007). 4) Pengumuman  right issue  yang bertujuan untuk membayar utang tidakmenyebabkan terjadinya perbedaan  variance return  saham yangsignifikan antara sebelum dan setelah pengumuman tersebut.  Hasipengujian hipotesis 3 dan 4  memperkuat dugaan sebelumnya bahwadalam periode pengamatan ini para pemegang saham belum dapamengantisipasi adanya informasi pengumuman  right issue  berdasarkantujuan penggunaan dananya secara utuh..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *