Cara-cara Untuk Mendapatkan Bantuan Tesis

Cara-cara Untuk Mendapatkan Bantuan Tesis Cara-cara Untuk Mendapatkan Bantuan Tesis tesisBantuan Tesis – Tesis merupakan karya tulis yang disusun oleh mahasiswa S2 sebagai salah satu syarat kelulusan yang paling penting. Sekarang ini biaya pendidtesisikan di perguruan tinggi semakin mahal, apalagi untuk tingkat pendidikan S2, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal dibanding tingkat pendidikan S1. Pada saat tahun akademis terakhir, atau pada saat menyusun tesis, beban biaya yang harus dipikul oleh mahasiswa S2 akan semakin berat. Banyak hal yang harus diselesaikan seperti penelitian, studi laboratorium, makalah-makalah, san lain sebagainya. Oleh karena itu, pemberian bantuan tesis akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan demi memenuhi syarat menempuh ujian tesis.

Demi menunjang kelancaran dan memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tesis, program bantuan tesis diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan agar mereka dapat terus melakukan penelitian untuk tesis mereka dan meningkatkan mutu pelaksanaan beserta hasilnya. Program-program bantuan dana yang diberikan kepada mahasiswa ini dilaksanakan secara kompetitif dengan mempertimbangkan mutu dari proposal yang diajukan, serta presentasi yang disampaikan pada seminar proposal yang diselenggarakan.

Salah satu contoh bantuan tesis yang adalah Program Bantuan Penelitian Tesis dan Disertasi (PBPT/D). Program ini diberikan kepada dosen yang sedang mengikuti Program Magister dan Program Doktor sebagai bantuan dalam menyelesaikan tugas akademik terakhir, yaitu penulisan tesis atau disertasi. Program ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu peelitian akademik yang diarahkan untuk memacu penemuan unsur-unsur pengetahuan ilmiah yang baru, seperti unsur metodologi dan unsur teori atau informasi.

Tentu saja program bantuan tesis dan disertasi ini tidak diberikan begitu saja kepada mahasiswa atau dosen. Ada tahapan-tahapan pemberian bantuan dana ini yaitu:

1. Penawaran program bantuan penelitian untuk penulisan tesis dan disertasi.

2. Pengajuan usulan penelitian oleh mahasiswa/dosen.

3. Seleksi usulan penelitian.

4. Penilaian usulan penelitian.

5. Pengumuman usulan yang diterima dan yang ditolak.

6. Presentasi usulan penelitian dalam suatu seminar.

7. Penandatanganan kontrak bantuan penelitian.

8. Pelaksanaan penelitian.

9. Pemantauan oleh pembimbing.

10. Seminar hasil penelitian jika lulus.

11. Pelaporan penelitian.

12.Publikasi hasil penelitian terpilih

Untuk menghasilkan tesis yang berkualitas guna memperoleh bantuan tesis, mahasiswa harus dapat menemukan gagasan yang segar untuk diambil sebagai obyek studi. Dengan memilih obyek yang tepat, maka mahasiswa dapat menyelesaikan tesisnya dengan hasil yang memuaskan. Selain itu, dengan mendapatkan arahan yang tepat, tesis tersebut dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat banyak.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *