Anteseden dan Konsekuensi KepemimpinanTransformasional

Skripsi EkonomiAnteseden  dan  Konsekuensi  Kepemimpinan Transformasional (Studi  pada Karyawan PT. Pos Indonesia di Surakarta)

kepemimpinan Anteseden dan Konsekuensi KepemimpinanTransformasional Anteseden dan Konsekuensi KepemimpinanTransformasional kepemimpinan

Latar Belakang Skripsi 

Perilaku  kepemimpinan transformasional  dan  turnover intention merupakan permasalahan yang seringkali dihadapi oleh suatu organisasi. Konsep  kepemimpinan transformasional  telah diuji sebagai divalidtesisasi kepemimpinan yang paling membangun digunakan ilmiah hari ini (Parry dalam  Travaglione dan Connell, 2000). Hasil penelitian scara konsisten menyoroti pengaruh positif dari transformasi kepemimpinan pada hasil organisasi. Sebagai contoh transformasi kepemimpinan ditemukan mengakibatkan menurunkan niat untuk meninggalkan organisasi, peningkatan perilaku organisasi warga dan mengakibatkan komitmen organisasi  kuat (Podsakoff,  et al. dalam  Travaglione dan Connell, 2000).

Pemimpin yang mampu mengubah nilai dasar, kepercayaan dan sikap dari bawahan akan dapat meningkatkan kinerja melebihi level minimum yang diinginkan organisasi (Podsakoff,  et al.,  1990). Teori kepemimpinan memaparkan beberapa gaya kepemimpinan, salah satu diantaranya adalah tipe pemimpin yang mempengaruhi pengikut-pengikutnya untuk mengatasi kepentingan diri mereka demi kebaikan organisasi dan mampu menimbulkan efek yang mendalam terhadap pengikut-pengikutnya. Demikian juga dengan  turnover intention  (keinginan untuk keluar), semua organisasi pasti mengalami keluar masuknya karyawan namun suatu tingkat keluar masuknya karyawan yang tinggi berarti tinggi pula biaya operasional untuk perekrutan, seleksi, dan pelatihan untuk mengembangkan pengetahuan serta ketrampilan karyawan (Robbins, 2003).

Perumusan Masalah

  1. Apakah tingkat kepercayaan kepada manajemen, keadilan prosedural, dan tingkat kepercayaan kepada rekan kerja  berpengaruh  signifikan  pada perilaku kepemimpinan transformasional karyawan PT. Pos Indonesia?
  2. Apakah perilaku kepemimpinan transformasional berpengaruh  signifikan pada  turnover  intention, OCB  conscientiousness  dan komitmen organisasional karyawan PT. Pos Indonesia?
  3. Apakah perilaku kepemimpinan transformasional memediasi pengaruh tingkat kepercayaan kepada manajemen, keadilan prosedural dan tingkat kepercayaan kepada rekan kerja  pada  turnover  intention, OCB conscientiousness  dan komitmen  organisasional  karyawan PT. Pos Indonesia?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah ingin mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan.

Kesimpulan

a  Analisis Deskriptif

Kesimpulan mengenai analisis deskriptif ini adalah refleksi dari jawaban responden tentang item-item pertanyaan dari kuisioner yang dibagikan.  Diketahui bahwa responden berjenis kelamin pria yaitu 76 orang (76%), sedangkan responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 orang (24%). Dengan demikian disimpulkan bahwa mayoritas responden berjenis kelamin pria. Berdasarkan data diketahui bahwa sebagian besar karyawan PT. Pos Indonesia berada pada masa produktif yaitu berusia > 40 tahun. Untuk pendidikan mayoritas responden  berpendidikan SMU, dan dari penelitian diketahui bahwa sebagian besar karyawan PT. Pos Indonesia telah bekerja di perusahaan selama lebih dari 20 tahun.  Adapun kesimpulan  tentang tanggapan responden dari

penyebaran kuesioner tersebut adalah:

  1. Tanggapan responden mengenai tingkat kepercayaan kepada manajemen pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan tanggapan-tanggapan dari responden diatas, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju atas setiap item pertanyaan, dan kebanyakan dari responden menyatakan bahwa tingkat kepercayaan kepada manajemen mereka tinggi pada manajemen PT Pos Indonesia
  2. Tanggapan responden mengenai keadilan prosedural pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan tanggapan dari responden diatas, mayoritas responden menjawab kurang setuju atas item pertanyaan diatas,dan responden menyatakan bahwa mengenai keadilan prosedural mereka adalah  sedang terhadap perusahaan.
  3. Tanggapan responden mengenai tingkat kepercayaan kepada rekan kerja pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan hasil tanggapan responden diatas, mayoritas responden menjawab kurang setuju atas item pertayaan yang menyangkut kepercayaan kepada rekan kerja, dan ini berarti menunjukkan bahwa kepercayaan kepada rekan kerja adalah sedang.
  4. Tanggapan responden mengenai perilaku kepemimpinan transformasional pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan keterangan hasil tanggapan responden, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab sangat setuju. Hal ini berarti bahwa perilaku kepemimpinan transformasional atasan mereka  di perusahaan PT Pos Indonesia sangat tinggi,
  5. Tanggapan responden mengenai  turnover intention  pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, didapat hasil bahwa mayoritas responden menjawab setuju atas  turnover intention, mayoritas responden menyatakan bahwa  turnover mereka tinggi, artinya karyawan mempunyai kecenderungan dan berkeinginan untuk  berhenti dari perusahaan PT Pos Indonesia.
  6. Tanggapan responden mengenai OCB  conscientiousness pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan hasil tanggapan responden diatas, mayoritas responden menjawab setuju atas item pertanyaan diatas, dan kebanyakan responden menyatakan bahwa mengenai OCB  conscientiousness  mereka tinggi terhadap perusahaan.
  7. Tanggapan responden mengenai komitmen organisasi pada PT.Pos Indonesia Surakarta. Berdasarkan hasil tanggapan responden diatas, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab kurang setuju atas item pertanyaan yang diajukan, dan mereka menyatakan sedang atas komitmen organisasi didalam perusahaan.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *