Analisis Variabel Keberhasilan Pengusaha Brem

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pengusaha Kecil Brem Di Madiun

brem Analisis Variabel Keberhasilan Pengusaha Brem Analisis Variabel Keberhasilan Pengusaha Brem brem

Latar Belakang Skripsi 

Industri kecil brem mempunyai peran yang cukup besar terhadap perekonomian di Kabupaten Madiun, selain itu juga brem merupakan makanan khas Kota Madiun. Brem merupakan makanan kecil yang terbuat dari sari tape ketan kemudian dengan proses kimiawi (fermentasi), diolah dan dipadatkan menjadi bentuk batangan. Mereka yang berkunjung ke Madiun selalu memilih brem sebagai buah tangan. Dengan demikian volume penjualan yang di dapat cukup tinggi, dan akan mempengaruhi pajak yang akan diterima pemerintah kabupaten. Juga karena kemampuan daya serap tenaga kerja di sektor ini juga cukup memberikan kontribusi terhadap tenaga kerja yang tidtesisak memiliki pendidikan formal, sehingga membantu mengurangi tingkat pengangguran di daerahnya.

Keberhasilan usaha pengusaha kecil brem tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor., antara lain adalah modal, pemasaran produk, kemampuan dan ketrampilan pengusaha dalam berproduksi , tingkat pendidikan, pengalaman usaha, jumlah tenaga kerja, waktu operasi setiap harinya dan sebagainya.(J. Ellyawati dan Y. Sri Susilo, 2001:44). Dalam penelitian ini dipilih beberapa variabel yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha Brem antara lain modal, jumlah tenaga kerja, pengalaman suaha, tingkat pendidikan dan waktu operasi per hari.

 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut :

  1. Apakah variabel-variabel modal, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi per hari, secara parsial dan secara bersama  – sama dapat mempengaruhi keberhasilan pengusaha kecil brem di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun?
  2. Dari ke lima variabel modal kerja, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi per hari tersebut,  manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel keberhasilan pengusaha kecil brem di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun?

Tujuan Penelitian 

Penelitian yang berjudul Analisis Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pengusaha Kecil Brem di Madiun ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel modal, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi perhari secara sendiri – sendiri dan bersama– sama terhadap keberhasilan usaha pengusaha kecil brem di Madiun, dan mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keberhasilan pengusaha kecil brem tersebut.

Kesimpulan 

Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat   disimpulkan beberapa karakteristik dari pengusaha kecil brem di Madiun sebagai berikut :

  1. Jumlah populasi sebanyak 37 pengusaha kecil semuanya dijadikan obyek penelitian. Dari jumlah tersebut sebagian besar mempunyai modal sebesar Rp. 800.000  – Rp. 9.371.999 yaitu sebanyak 24 responden atau 64,87 %. Nilai rata – rata modal usaha pengusaha kecil brem adalah Rp. 9.118.432.
  2. Sebagian besar pengusaha kecil brem mempunyai tenaga kerja sebesar 5  – 6 orang yaitu sebanyak 29 responden atau 78,38 %. Rata  – rata pengusaha kecil brem tersebut mempunyai tenaga kerja sebanyak 6 orang.
  3. Mayoritas pengusaha kecil brem di Madiun memiliki tingkat pendidikan SD yaitu sebanyak 26 responden atau 70,27 %. Rata – rata pengusaha kecil tersebut memiliki tingkat pendidikan tahun ke 7 (SLTP).
  4. Sebagian besar pengusaha kecil brem di Madiun mempunyai pengalaman usaha selama 3  – 11 tahun, yaitu sebanyak 14 responden atau 37,84 %. Rata  – rata pengalaman usaha dari pengusaha kecil tersebut adalah 17, 35 tahun.
  5. Sebagian besar pengusaha kecil brem di Madiun beroperasi selama 8 –9 jam perhari, yaitu sebanyak 15 responden atau 40,54 %. Rata – rata waktu operasinya selama 8 jam perhari.
  6. Laba kotor yang diperoleh pengusaha kecil brem di Madiun sebagian besar sebesar Rp. 200.000 – Rp. 7.666.666. dan rata – rata memperoleh laba kotor sebesar Rp. 6.022.243.
  7. Hambatan yang paling banyak dialami pengusaha kecil adalah masalah cuaca hujan.
  8. Khusus
  9. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas didapatkan hasil signifikansi dari variabel modal, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi perhari > 0,05. sehingga disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal.
  10. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapat persamaan sebagai berikut :

Y       =   -10876881 + 0,526 X1 + 1372919,7 X2 + 123567,03 X3 + 121489,29 X4 + 67593,218 X5

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *