Analisis Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah

Skripsi EkonomiAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Pada BMT Safinah Klaten)

pelayanan pdam Analisis Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah Analisis Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah pelayanan pdam

Latar Belakang Skripsi 

Dengan semakin berkembangnya kegiatan perekonomian, maka perlu adanya sumber-sumber penyediaan dana untuk membiayai segala macam kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. Kehadiran BMT sebagai lembaga keuangan mikro berbasis syariah dalam dunia pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu menjadi alternatif yang lebih inovatif dalam menyediakan pembiayaan bagi masyarakat. Terkait dengan permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah, menarik untuk diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah tersebut.

Dengan semakin berkembangnya kegiatan perekonomian, maka perlu adanya sumber-sumber penyediaan dana untuk membiayai segala macam kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. Kehadiran BMT sebagai lembaga keuangan mikro berbasis syariah dalam dunia pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu menjadi alternatif yang lebih inovatif dalam menyediakan pembiayaan bagi masyarakat. Terkait dengan permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah, menarik untuk diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidtesisikan, pendapatan dan persepsi anggota terhadap pelayanan BMT terhadap permintaan pembiayaan serta untuk mengetahui deskripsi tujuan pembiayaan masing-masing anggota.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka pokok permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah variabel pendapatan anggota berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Safinah di Klaten ?
  2. Apakah variabel pendidikan anggota berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Safinah di Klaten ?
  3. Apakah variabel persepsi anggota terhadap pelayanan BMT berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Safinah di Klaten ?
  4. Apakah tujuan anggota atas pembiayaan yang diperoleh dari BMT Safinah di Klaten ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan, pendapatan dan persepsi anggota terhadap pelayanan BMT terhadap permintaan pembiayaan serta untuk mengetahui deskripsi tujuan pembiayaan masing-masing anggota.

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil analisis dengan permasalahan dan tujuan serta hipotesis yang diperhatikan dalam penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Variabel independen yaitu  pendapatan (INCM), pendidikan (EDUC), persepsi anggota terhadap pelayanan BMT (DUMMY) secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu permintaan pembiayaan (PBY). Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Probabilitas F statistic sebesar  88,56 yang lebih besar dari nilai F table yaitu sebesar 2,68.
  2. Variable pendapatan (INCM) berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembiayaan (PBY) dengan probabilitas sebesar 0,0000. Hal ini sudah sesuai dengan teori dan penelitian sebelumnya dimana dinyatakan bahwa pendapatan berpengaruh positif terhadap permintaan pembiayaan.
  3. Variable pendidikan (EDUC)  tidak berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan (PBY), hal ini terlihat  dari nilai probabilitas sebesar 0,1328 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05 (? = 5%).  Hal ini tidak sesuai dengan teori dimana dinyatakan bahwa pendidikan berpengaruh positif terhadap permintaan pembiayaan. Namun demikian, ada beberapa penelitian sebelumnya yang membuktikan bahwa pendidikan tidak berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *