Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Sragen

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Sragen Tahun 1993-2007

pekerja pln Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Sragen Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Sragen pekerja pln

Latar Belakang Skripsi 

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya mengelola sumberdaya-sumberdaya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut (Lincolin Arsyad, 1999:108).

Salah satu faktor yang menentukan karakteristik dan kecepatan pembangunan ekonomi adalah sumber daya menusia yang dimiliki. Sumber daya manusia mempunyai sejumlah peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, dimana melalui jumlah sumber daya manusia yang besar dan produktif serta efisien akan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan pembangunan ekonomi di  suatu wilayah yang bersangkutan (Erna Setianingrum, 2008:2).

Perumusan Masalah

Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah :

  1. Apakah ekspor daerah berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen tahun 1993-2007?
  2. Apakah investasi daerah berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen tahun 1993-2007?
  3. Apakah pengeluaran pemerintah daerah berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen tahun 1993-2007?

Tujuan Penelitian 

Secara umum tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah penulis ingn mengetahui faktor apa saja yang melandasi penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang penyerapan tenaga kerja tahun 1993  – 2007 di Kabupaten Sragen, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Variabel Ekspor

Ekspor daerah Sragen berpengaruh secara negatif terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen. Bila ekspor daerah naik, justru menurunkan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen, dan sebaliknya. Hal ini dikarenakan perusahaan – perusahaan furniture di Kabupaten Sragen yang mengekspor produknya ke luar negeri sebagian besar menggunakan padat modal, yakni perusahaan  –perusahaan tersebut lebih banyak menggunakan peralatan mesin modern untuk memproduksi barang. Sehingga tidtesisak memerlukan tenaga manusia yang banyak. Jadi bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi ekspor, maka belum tentu kesempatan kerja juga ikut naik. Semakin besar ekspor maka tidak menambah jumlah tenaga kerja yang terserap.

2. Variabel Investasi

Investasi daerah Sragen tidak terbukti mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen. Jadi banyak atau sedikitnya investasi yang tertanam di Kabupaten Sragen tidak mempengaruhi jumlah tenaga kerja yang terserap.

3. Variabel Pengeluaran Pemerintah

Variabel pengeluaran pemerintah daerah Sragen tidak terbukti berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen. Sehingga sebanyak apapun pengeluaran pemerintah yang di lakukan di Kabupaten Sragen tidak akan mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di daerah tersebut.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *