Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Karesidenan Surakarta

Skripsi Ekonomi  ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Di Karesidtesisenan Surakarta Tahun 2000-2008

pekerja pln Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Karesidenan Surakarta Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Karesidenan Surakarta pekerja pln

Latar Belakang Skripsi 

Proses pembangunan ekonomi biasanya tidak hanya ditandai dengan terjadinya perubahan  pada  struktur permintaan  serta  penawaran barang dan jasa yang diproduksi. Proses pembangunan ekonomi  juga ditandai dengan terjadinya perubahan struktur penduduk dan ketenagakerjaan (Susanti, 2000:81).

Perubahan struktur penduduk  didalam demografi dikenal  dengan istilah transisi demografis. Istilah tersebut mengacu pada suatu proses pergeseran dari suatu keadaan dimana tingat kelahiran dan tingkat kematian ke keadaan dimana tingkat kelahiran dan tingkat kematian rendah. Apabila proses transisi ini dikaitkan dengan peningkatan pendapatan perkapita, maka pada awal proses pembangunan peningkatan pendapatan perkapita biasanya diikuti dengan penurunan angka kematian yang lebih cepat dari pada penurunan angka kelahiran. Penurunan angka kematian yang cepat ini disebabkan oleh membaiknya gizi masyarakat akibat dari pertumbuhan pendapatan masyarakat. Selain itu,  peningkatan pendapatan masyarakat ini juga akan menyebabkan penerimaan pajak pemerintah meningkat dan hal ini tentu saja memungkinkan pemerintah untuk meningkatkan pengeluarannya di  bidang kesehatan masyarakat (Susanti, 2000:83).

Perumusan Masalah 

Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, dapat dirinci beberapa pokok permasalahan yang akan dibahas, meliputi :

1. Bagaimana pengaruh investasi  daerah,  pengeluaran pemerintah  daerah, ekspor  daerah secara parsial  terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta tahun 2000-2008 ?

2. Bagaimana pengaruh investasi  daerah,  pengeluaran pemerintah  daerah, ekspor  daerah secara simultan  terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta tahun 2000-2008 ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk analisis kuantitatif mengenai

faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja dengan menggunakan data deret waktu (time series) antara tahun 2000-2008. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi  linier data panel.  Pengolahan data dengan  menggunakan program Econometric Views (E-views) versi 4.0.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Investasi  daerah  secara parsial,  berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta  tahun 2000-2008.
  2. Pengeluaran pemerintah daerah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta tahun 2000-2008.
  3. Ekspor daerah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga  kerja di Karesidenan Surakarta tahun 2000-2008.
  4. Investasi daerah, pengeluaran pemerintah daerah, ekspor daerah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Karesidenan Surakarta tahun 2000-2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *