Analisis Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Sukoharjo

Skripsi EkonomiAnalisis Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Di Kabupaten Sukoharjo  Pada Tahun 2007-2011

pembayaran pajak Analisis Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Sukoharjo Analisis Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Sukoharjo pembayaran pajak

Latar Belakang Skripsi 

Kunci kemandirian daerah adalah pengelolaan PAD. Pajak daerah sebagai salah satu sumber PAD diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi daerah itu sendiri sehingga dapat memperlancar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.  PAD merupakan sumber dana yang penting bagi pemerintah daerah untuk membiayai belanja daerah yang ditujukan untuk kemajuan daerah  (Akhmada, 2008).

Dalam konteks daerah, pajak daerah adalah pajak-pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah (misal: provinsi, kabupaten, kotamadya) yang diatur berdasarkan peraturan daerah dan hasil pungutannya digunakan untuk membiayai rumah tangga daerahnya.

Pemerintah daerah  Kabupaten Sukoharjo melalui  Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  (DPPKAD)  berupaya untuk meningkatkan Pendapatan  Asli  Daerah  Kabupaten Sukoharjo dengan jalan menggali sumber-sumber pendapatan daerah yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan hasil pajak daerah yang sudah ada,  salah satunya adalah Pajak Penerangan Jalan.

Perumusan Masalah

  1. Seberapa efektif  penerimaan  Pajak  Penerangan  Jalan di Kabupaten Sukoharjo tahun 2007-2011?
  2. Seberapa besar kontribusi yang diberikan  Pajak  Penerangan  Jalan terhadap terhadap  Pajak  Daerah di Kabupaten Sukoharjo  tahun 2007-2011?
  3. Apa saja kendala yang muncul dalam meningkatan penerimaan Pajak Penerangan Jalan di Kabupaten Sukoharjo?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektifitas pemungutan dan kontribusi Pajak Penerangan Jalan terhadap Pajak Daerah di Kabupaten Sukoharjo. Analisis dilakukan dengan menghitung realisasi penerimaan pajak penerangan jalan dengan target yang telah ditentukan untuk menghitung  tingkat efektifitas selama tahun 2007-2011, menghitung prosentase kontribusi pajak penerangan jalan terhadap terhadap pajak daerah untuk masing-masing tahun anggaran.

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil  analisis dan pembahasan penulis menyampaikan kesimpulan bahwa  analisis  efektivitas Penerimaan Pajak Penerangan Jalan sudah cukup baik,  Pada tahun 2007 sampai tahun 2009 penerimaan Pajak Penerangan Jalan efektif karena persentase efektivitasnya mencapai 100%. Namun pada tahun 2010 penerimaan Pajak Penerangan Jalan tidtesisak efektif, realisasi penerimaan Pajak Penerangan Jalan tidak memenuhi target yang telah ditentukan. Hal tersebut  diakibatkan karena  terlalu  tinggi target yang ditetapkan.

Sedangkan  kontribusi  penerimaan Pajak  Penerangan Jalan  dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011 kontribusi Pajak Penerangan Jalan terhadap Pajak Daerah rata-rata sebesar 63,29%. Hal ini menunjukkan bahwa Pajak Penerangan Jalan merupakan sumber pandapatan daerah yang sangat potensial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *