Analisis Obligasi Perusahaan Di Indonesia

Skripsi EkonomiAnalisis  Pengaruh Corporate Governance  Terhadap Peringkat Dan Yield Obligasi Perusahaan Di Indonesia

obligasi Analisis Obligasi Perusahaan Di Indonesia Analisis Obligasi Perusahaan Di Indonesia obligasi

Latar Belakang Skripsi 

Jewell dan Livingston (2000) menyatakan bahwa investor menghadapi masalah informasi yang disebabkan beragamnya karakteristik dari penerbit obligasi. Peringkat (rating) obligasi membantu mengurangi masalah informasi tersebut.  Peringkat obligasi (bond rating) memberikan pernyataan yang informatif dan memberikan sinyal tentang probabilitas kegagalan utang suatu perusahaan (Sari, 2004). Peringkat obligasi ini diberikan oleh lembaga yang independen, obyektif, dan dapat dipercaya. Di Indonesia, pemeringkatan obligasi dilakukan  oleh PT PEFINDO dan PT.Moody’s Indonesia.  Selain peringkat, faktor lain yang dipertimbangkan oleh investor obligasi adalah return  obligasi  (Setyapurnama & Noorpratiwi, 2004).  Return  obligasi merupakan hasil yang akan diperoleh investor apabila melakukan investasi pada obligasi.

Return obligasi ini dinyatakan dalam yield.  Bhojraj & Sengupta (2003) dalam penelitiannya menyatakan bahwa peringkat dan  yield  obligasi ditentukan oleh probabilitas bahwa sebuah perusahaan nantinya tidtesisak mampu memenuhi kewajibannya dalam melunasi hutang (default  risk), serta  dari  tingkat penjaminan yang diberikan. Default risk sebuah perusahaan bergantung pada ketersediaan informasi yang kredibel agar evaluasi resiko dapat dilakukan secara akurat, serta biaya keagenan atau agency cost  (termasuk peluang terjadinya aktivitas pengambilalihan aset dan bangunan).  Menurut mereka, mekanisme  corporate governance  dapat mengurangi resiko gagal bayar  (default risk)  dengan cara mengurangi biaya keagenan  (agency cost)  yaitu dengan memonitor kinerja manajemen dan mengurangi asimetri informasi antara perusahaan dengan kreditur. Sehingga, jika  corporate governance  dapat mengurangi resiko keagenan, maka perusahaan dengan mekanisme pelaksanaan corporate governance yang lebih baik seharusnya memiliki peringkat obligasi yang tinggi dan tingkat  yield yang lebih rendah.

Perumusan Masalah

  1. Apakah variabel-variabel  corporate governance    secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap peringkat dan yield obligasi yang terdaftar di Bursa Efek Surabaya ?
  2. Apakah variabel-variabel corporate governance secara parsial mempunyai pengaruh terhadap  peringkat dan  yield   obligasi yang terdaftar di Bursa Efek Surabaya ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh   corporate governance yang diwakili oleh variabel  komite  independen, kepemilikan manajerial, firma auditor 4-besar, kepemilikan institusional  terhadap peringkat peringkat dan yield obligasi perusahaan di Indonesia yang terdaftar dan aktif diperdagangkan di OTC-FIS Bursa Efek Surabaya tahun 2007-2009, dengan menggunakan variabel kontrol leverage dan rasio profitabilitas.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan tentang  pengaruh  corporate governance  :  Komite Independen, Kepemilikan saham Manajer,  Auditor  Independen 4-Besar, Kepemilikan Institusional, serta variabel kontrol  Leverage  dan  Return on Assets  terhadap  Peringkat  dan  Yield obligasi perusahaan yang  aktif beredar di pasar dan terdaftar di OTC FIS Bursa Efek Surabaya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan :

  1. Variabel  Corporate Governance  yaitu Komite Independen, Kepemilikan saham Manajer, Auditor  Independen 4-Besar, Kepemilikan Institusional, serta variabel kontrol  Leverage  dan  Return on Assets  secara simultan berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi.
  2. Variabel  Corporate Governance  yaitu Komite Independen, Kepemilikan Saham Manajer, Auditor  Independen 4-Besar, Kepemilikan Institusional, serta variabel kontrol  Leverage  dan  Return on Assets  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap yield obligasi

Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial :

  1. Komite Independen  berpengaruh positif  terhadap peringkat  obligasi, sehingga kenaikan persentase  komite independen  akan menaikkan peringkat obligasi
  2. Komite Independen berpengaruh negatif  terhadap yield obligasi, sehingga penurunan persentase komite independen akan menurunkan yield obligasi.
  3. Kepemilikan  Saham  Manajer  berpengaruh positif  terhadap peringkat obligasi, sehingga kenaikan persentase kepemilikan  saham manajer akan menaikkan peringkat obligasi.
  4. Kepemilikan Manajerial  tidak berpengaruh  terhadap  yield  obligasi, sehingga kenaikan maupun penurunan persentase kepemilikan manajerial tidak mempengaruhi yield obligasi.
  5. Auditor  Independen  4-Besar  berpengaruh positif  terhadap peringkat obligasi,  sehingga keberadaan  Auditor  Independen  4-Besar  akan menaikkan peringkat obligasi.
  6. Auditor  Independen  4-Besar  tidak berpengaruh signifikan terhadap  yield obligasi, sehingga ada atau tidaknya keberadaan Auditor  Independen  4-Besar tidak mempengaruhi yield obligasi.
  7. Kepemilikan Institusional  berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi, sehingga kenaikan  persentase kepemilikan institusional  akan menaikkan peringkat obligasi.
  8. Kepemilikan Institusional  berpengaruh  negatif  terhadap  yield  obligasi, sehingga  penurunan  persentase  kepemilikan institusional  akan menurunkan yield obligasi.
  9. Rasio Leverage berpengaruh positif  terhadap peringkat obligasi, sehingga kenaikan rasio leverage akan menaikkan peringkat obligasi.
  10.  Rasio Leverage  berpengaruh  negatif  terhadap  yield  obligasi,  sehingga penurunan persentase rasio leverage akan menurunkan yield obligasi.
  11. Return on Assets berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi, sehingga kenaikan persentase Return on Assets akan menaikkan peringkat obligasi.
  12. Return on Assets  tidak berpengaruh  terhadap  yield  obligasi,  sehingga kenaikan maupun penurunan  persentase  return  on assets  tidak mempengaruhi yield obligasi.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *