Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PMDN

Skripsi Ekonomi~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Di Indonesia Periode 1986-2009

700-03284307 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PMDN Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PMDN penanaman modal

Latar Belakang Skripsi 

Pada masa sekarang, globalisasi sudah menjadi keharusan guna menjalin perdagangan dan hubungan ekonomi lainnya antar negara. Hal ini dikarenakan di satu sisi terdapat kelangkaan sumber daya, produksi barang dan jasa, ataupun modal di suatu negara, sedangkan di sisi lain terdapatnya surplus di negara yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan pertukaran atau perdagangan untuk saling memenuhi kebutuhan setiap negara (Tarsilohadi, 2005).

Krisis ekonomi global yang mencapai puncaknya pada triwulan terakhir tahun 2008 masih berlanjut pada awal tahun 2009. Ketidtesisakstabilan di pasar keuangan global tetap terjadi akibat masih kuatnya persepsi negatif terhadap prospek pemulihan ekonomi global serta masih memburuknya kinerja lembaga-embaga keuangan terkemuka AS, seperti Citigroup, AIG, dan BoA. Kondisi mengakibatkan investor mengurangi penempatan dana di pasar  pinjaman  dan

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dan seberapa besar tingkat suku bunga pinjaman, laju inflasi,  kemajuan  teknologi, dan Produk Domestik Bruto  (PDB) berpengaruh terhadap  Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)  di Indonesia periode 1986-2009?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalalah  untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar tingkat suku bunga pinjaman, laju inflasi, kemajuan teknologi, dan Produk Domestik Bruto (PDB)  berpengaruh terhadap  Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)  di Indonesia periode 1986-2009.

Kesimpulan

Dari hasil analisis data yang telah dilakukan mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi  PMDN  di Indonesia periode 1986-2009,  dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Variabel  suku bunga  pinjaman  tidak  berpengaruh secara signifikan  positif terhadap variabel dependen  Penanaman Modal Dalam Negeri  (PMDN). Jadi hipotesis pertama,  yaitu  tingkat suku bunga  pinjaman  berpengaruh  signifikan negatif terhadap PMDN di Indonesia periode 1986-2009 tidak terbukti.

2. Variabel  inflasi tidak  berpengaruh secara signifikan  positif  terhadap variabel dependen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Jadi hipotesis  kedua, yaitu  laju  inflasi berpengaruh  signifikan negatif terhadap PMDN di Indonesia periode 1986-2009 tidak terbukti.

3. Variabel  teknologi  berpengaruh secara signifikan  positif  terhadap variabel dependen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Jadi hipotesis ketiga, yaitu  teknologi  berpengaruh  signifikan  positif terhadap  PMDN  di Indonesia periode 1986-2009 terbukti.

4. Variabel Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh secara signifikan positif terhadap variabel dependen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Jadi hipotesis keempat, yaitu PDB berpengaruh  signifikan positif terhadap PMDN di Indonesia periode 1986-2009 terbukti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *