Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Pulsa

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Pulsa Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta

isi ulang pulsa Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Pulsa Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Pulsa isi ulang pulsa

Latar Belakang Skripsi 

Peluang inilah yang mungkin dilihat oleh sebagian kalangan untuk membuka usaha berjualan pulsa isi ulang. Persaingan usaha pengecer pulsa isi ulang memang semakin sengit. Sejak Indonesia mengalami krisis ekonomi, banyak bidtesisang bisnis yang terpuruk, stagnan, atau bahkan mati dan bangkrut. Tetapi, ternyata tidak semua bidang bisnis mengalami nasib yang mengenaskan itu. Ada satu bisnis yang justru berkembang pesat disaat krisis ekonomi menjadi-jadi. Bisnis ini adalah bisnis berjualan pulsa ponsel.

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, jumlah kios penjual pulsa ponsel terus bermunculan. Hampir disetiap toko, ruko, pasar, perumahan, perkantoran, dan disepanjang jalan ada orang-orang yang membuka gerai penjualan pulsa. Banyaknya kios seluler yang menjual pulsa isi ulang sangat dipengaruhi oleh keberadaan pembeli yang cukup potensial. Jumlah kios seluler yang semakin meningkat dari hari kehari memaksa pemilik kios untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Hal ini dilakukan selain untuk menarik konsumen baru agar mau membeli pulsa yang mereka tawarkan, juga untuk mempertahankan konsumen lama atau pelanggan yang sudah ada. Beberapa hal yang dilakukan pelaku bisnis kios seluler untuk menarik pembeli antara lain pemasangan papan harga dan melakukan promosi.

Perumusan Masalah

Jumlah kios seluler yang semakin meningkat dari hari kehari memaksa pemilik kios untuk menyajikan sesuatu  yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen baru agar mau membeli pulsa yang mereka tawarkan dan untuk mempertahankan konsumen lama. Penelitian ini mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian pulsa seluler di kios-kios seluler dilihat dari harga, pilihan produk, promosi dan periklanan, personal toko, pelayanan dan lokasi.

  1. Apakah  faktor-faktor  yang terdiri dari dimensi harga, pilihan produk, promosi dan periklanan, personal toko, pelayanan dan lokasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan pada pembelian pulsa?
  2. Apakah  faktor-faktor  yang terdiri dari dimensi harga, pilihan produk, promosi dan periklanan, personal toko, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan pada pembelian pulsa?

 Kesimpulan

Dari hasil penelitian tentang faktor-faktor yang memepengaruhi pembelian pulsa pada konsumen yang terdiri dari  harga, lokasi, pilihan produk, pelayanan, periklanan dan promosi serta personal toko, berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti pada bab IV dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Masing-masing faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian yang terdiri dari dimensi harga, lokasi, pilihan produk, pelayanan, periklanan dan promosi serta personal toko berpengaruh terhadap pembelian konsumen.

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian yang terdiri dari harga, lokasi, pilihan produk, pelayanan, periklanan dan promosi serta personal toko secara bersama-sama berpengaruh positir terhadap pembelian.

 

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *