Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan

Skripsi Ekonomi~ Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Utang Serta Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan

modal-ventura Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan modal ventura

Latar Belakang Skripsi 

Keputusan-keputusan yang dibuat manajer untuk memilih alternatif pemenuhan kebutuhan dana harus sesuai dengan tujuan utama perusahaan untuk meningkatkan kemakmuran pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan (Haryono, 2005).  Salah satu pertimbangan manajemen dalam rangka  pemenuhan kebutuhan dana adalah keinginan pemilik modal sendiri (pemegang saham) untuk dapat tetap menguasai perusahaannya atau mempertahankan control terhadap perusahaan. Memenuhi kebutuhan dana dengan utang tidtesisak akan mengurangi kekuasaan pemegang saham, berbeda dengan pemenuhan kebutuhan dana melalui penerbitan saham baru yang akan mempengaruhi perimbangan kekuasaan pemegang saham lama terhadap perusahaan.

Namun pada penerapannya, seorang manajer memiliki kecenderungan berperilaku untuk meningkatkan kesejahteraannya sendiri. Hal ini yang menimbulkan konflik keagenan (agency conflict) antara manajer dan pemegang saham. Konflik keagenan tersebut muncul karena adanya pemisahan fungsi antara pemilik dan manajemen yang memiliki dampak negatif yaitu keleluasaan manajemen perusahaan untuk mengoptimalkan laba yang dapat mengarah pada proses mengutamakan kepentingan manajemen sendiri dengan biaya yang harus ditanggung oleh pemilik perusahaan (Rahman, 2010). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mensejajarkan kedudukan manajer dan pemegang saham adalah dengan meningkatkan kepemilikan manajerial.

 Rumusan Masalah 

Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan seperti berikut ini.

1. Apakah kepemilikan manajerial berpengaruh  terhadap kebijakan utang  pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

2. Apakah kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh kebijakan utang pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

3. Apakah profitabilitas berpengaruh  terhadap kebijakan utang  pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh kepemilikan manajerial dan profitabilitas terhadap kebijakan utang serta pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh kebijakan utang pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk tujuan tersebut penelitian ini menggunakan 90 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan menggunakan random purposive sampling.  Untuk pengujian data, penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software komputer statistik SPSS versi 17.0 untuk mengolah data.

Simpulan

Hasil  analisis  data yang telah dilakukan mendasari pengambilan kesimpulan yang dapat dinyatakan seperti berikut ini.

  1. Variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa rendahnya kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada kebijakan utang perusahaan. Hasil ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif pertama dalam penelitian ini tidak diterima atau tidak didukung oleh data.
  2. Variabel kepemilikan manajerial yang dimoderasi kebijakan utang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa keputusan penggunaan proporsi kebijakan utang yang diambil oleh manajer  lebih banyak menimbulkan risiko dibandingkan manfaat yang diperoleh sehingga berpengaruh negatif  terhadap nilai perusahaan. Hasil ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif  kedua  dalam penelitian ini diterima atau didukung oleh data.
  3. Variabel  profitabilitas  berpengaruh negatif  terhadap kebijakan utang perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan lebih menyukai penggunaan internal equity daripada penggunaan utang untuk membiayai kegiatan pendanaan perusahaan. Hasil ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif  ketiga dalam penelitian ini diterima atau didukung oleh data.
  4. Variabel kebijakan utang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kebijakan penggunaan utang menyebabkan semakin kecil nilai perusahaan. Variabel moderat yang merupakan interaksi antara kepemilikan manajerial dan kebijakan utang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan utang merupakan variabel pemoderasi. Adanya variabel pemoderasi memperlemah hubungan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *