Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Ekspor

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Ekspor Produk Tekstil Propinsi Jawa Timur  Tahun 1987 – 2009

eksport Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Ekspor Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Ekspor eksport

Latar Belakang Skripsi 

Pada dewasa ini suatu negara tidtesisak dapat memenuhi sendiri seluruhkebutuhannya tanpa kerja sama dengan negara lain. Adanya kemajuanteknologi yang sangat cepat dapat membantu mengatasi adanya kebutuhantersebut. Di sisi lain semakin meningkatnya produksi barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan tersebut memerlukan distribusi dan regulasi untukekspor atau impor. Barang-barang yang tidak dapat diperoleh di dalam negeriakan semakin meningkatkan perdagangan antar negara dengan cepat.

Perdagangan internasional dirasakan semakin sangat berarti bagipembangunan di setiap negara di dunia. Setiap negara telah mengakui bahwaperdagangan internasional itu menguntungkan dan meningkatkanpembangunan nasional melalui proses peningkatan pertumbuhan ekonomi. Seperti yang dikemukakan oleh Haberier, bahwa perdagangan internasionaltelah memberikan sumbangan luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di negarakurang berkembang di abad ke 19 dan 0, selain itu dapat diharapkanpertumbuhan tersebut akan sama di masa yang akan datang dan bahwaperdagangan bebas dengan sedikit perbaikan atau penyimpangan tidakmendasar atau marginal adalah kebijaksanaan yang terbaik dilihat dari sudutpembangunan ekonomi (Jhingan, 1993 : 263-264).

Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor-faktor nilai  produksi tekstil, harga tekstil di pasar ekspor, investasi pada industri tekstil, dan kurs dollar US$ berpengaruh terhadap nilai ekspor produk tekstil Jawa Timur tahun 1987 – 2009 ?
  2. Faktor-faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi nilai ekspor produk tekstil Jawa Timur tahun 1987 – 2009 ?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian adalah:

(1)  Untuk mengetahui pengaruh  produksi tekstil, harga tekstil di pasar ekspor, investasi pada industri tekstil, dan kurs dollar US$ terhadap pertumbuhan ekspor produk tekstil Jawa Timur tahun 1987 – 2009;

2) Untuk mengetahui faktor yang  paling  dominan  berpengaruh terhadap  pertumbuhan ekspor produk tekstil Jawa Timur tahun 1987 – 2009.

Kesimpulan

Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Jumlah produksi tekstil tidak berpengaruh terhadap ekspor tekstil pada taraf signifikansi (a) sampai dengan 10%.  Jumlah produksi tekstil tidak berimplikasi pada peningkatan jumlah ekspor tekstil.
  2. Harga tekstil luar negeri berpengaruh  positif dan  signifikan terhadap ekspor tekstil  pada taraf signifikansi (a)=1%. Artinya jika harga tekstil luar negeri meningkat, maka akan berdampak terhadap kenaikan ekspor tekstil. Sebaliknya jika harga tekstil luar negeri menurun, maka akan berdampak terhadap penurunan ekspor tekstil.
  3. Investasi pada industri tekstil berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor tekstil pada taraf signifikansi (a)=5%. Artinya jika investasi pada industri tekstil meningkat, maka akan berdampak terhadap kenaikan ekspor tekstil. Sebaliknya jika investasi pada industri tekstil menurun, maka akan berdampak terhadap penurunan ekspor tekstil.
  4. Kurs valuta asing tidak berpengaruh terhadap ekspor tekstil pada taraf signifikansi (a) sampai dengan =10%. Kurs valuta asing tidak memiliki implikasi terhadap peningkatan jumlah ekspor tekstil. 5.  Ekspor tekstil 1 tahun lalu berpengaruh secara signifikan terhadap laju ekspor tekstil pada taraf signifikansi (a)=1%. Artinya jika ekspor tekstil 1 tahun lalu meningkat  maka akan berdampak terhadap kenaikan ekspor tekstil.
  5. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga tekstil luar negeri berpengaruh dominan terhadap ekspor tekstil. Hal ini terbukti dari hasil koefisien beta variabel harga tekstil luar negeri (0,588) lebih besar dari koefisien beta variabel lainnya. Artinya peningkatan harga tekstil luar negeri sebesar 1%, dalam jangka panjang dipastikan akan meningkatkan jumlah ekspor tekstil sebesar 1,050%.
  6. Koefisien penyesuaian terbukti lebih meningkatkan ekspor tekstil dalam jangka panjang jika terjadi peningkatan pada setiap variabel.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *