Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Online

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Online Dengan Motivasi Belanja Konsumen Sebagai Pemoderasi  (Studi pada Mahasiswa FE UNS)

belanja online Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Online Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Online belanja online

Latar Belakang Skripsi 

Pembelian online merupakan isu yang menarik diteliti karena studi mengindikasikan adanya divergensi model yang digunakan untuk fenomena tersebut (Lihat Ramayah dan Ignatius, 2005;  Kanguno & Jain, Chen-Ya Wang et al, 2009;  Watchravesringkan, 2010).  Keragaman kemungkinan dikarenakan oleh masing-masing model hanya dapat menjelaskan

objek dan setting yang berbeda. Kondisi yang demikian memberikan peluang pada studi ini untuk mengkonstruksi sebuah model yang dapat menjelaskan niat untuk membeli produk secara online. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini bertumpu pada empat variabel amatan yaitu  perceived usefulness, perceived ease to use, perceived innovativeness,  dan  perceived risk. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing variabel amatan yang digunakan untuk mengembangkan model.

Rumusan Masalah

  1. Apakah  perceived usefulness  berpengaruh pada  intention to  online purchase?
  2. Apakah  perceived  ease of use  berpengaruh pada  intention to  online purchase?
  3. Apakah perceived innovativeness berpengaruh pada intention to online purchase?
  4. Apakah perceived risk perpengaruh pada intention to online purchase ?
  5. Apakah  consumer shopping motivation memoderasi hubungan  perceived usefulness dan intention to purchase online
  6. Apakah  consumer shopping motivation memoderasi hubungan antara perceied ease of use dan intention to online purchase?
  7. Apakah  consumer shopping  motivation memoderasi hubungan antara perceived innovativeness dan intention to online purchase?
  8. Apakah  consumer shopping  motivation memoderasi hubungan antara perceived risk dan intention to online purchase?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pembentukan niat membeli produk secara online. Niat membeli produk secara online sebagai variabel dependen yang dipengaruhi oleh manfaat yang dirasakan, kemudahan  yang dirasakan, keinovatifan yang dirasakan, dan resiko yang dirasakan. Dalam model, motivasi belanja konsumen sebagai variabel yang memoderasi hubungan antara variabel-variabel ini.

Simpulan

Hasil analisis mengindikasikan bahwa niat untuk membeli  secara  online  dipengaruhi oleh  perceived usefulness, perceived ease to use, dan perceived risk. Selain itu, motivasi belanja  memperkuat hubungan antara perceived risk  pada niat untuk berbelanja  online. Hal ini mengindikasikan bahwa  perceived usefulness, perceived ease to use,  dan  perceived risk dipertimbangkan penting oleh konsumen pada saat berbelanja  online. Oleh karena itu, diperlukan pemberian stimulus bagi konsumen sehingga dapat meningkatkan niat untuk berbelanja online.

Perceived usefulness  dapat ditingkatkan dengan mendesain  website yang dapat memberikan manfaat bagi konsumen dalam berbelanja  online. Stimulus yang disarankan untuk meningkatkan  perceived usefulness  yaitu memberikan informasi produk yang lengkap dan  up to date  mengenai deskripsi produk dan harga serta adanya daftar ketersedian produk yang jelas dan up to date.

 

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *