Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang  Mempengaruhi Keuntungan Usaha  Pedagang Di Pasar Batik Grosir Batik Setono  Pekalongan

pedagang batik Analisis Faktor-Faktor Yang  Mempengaruhi Keuntungan Usaha Analisis Faktor-Faktor Yang  Mempengaruhi Keuntungan Usaha pedagang batik

Latar Belakang Skripsi 

kesejahteraan rakyat yang relatif masih rendah, mempertinggi tingkat pertumbuhan ekonomi memang sangat mutlak diperlukan untuk mengejar ketertinggalan di bidtesisang ekonomi dari negara-negara industri maju. Oleh karena masih relatif lemahnya kemampuan partisipasi swasta domestik dalam pembangunan ekonomi, mengharuskan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mengambil peran  sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi kerakyatan melalui penguatan pad sektor informal (Suparmoko, 1986:120)

Lapangan kerja pada sektor formal menjadi prioritas bagi para tenaga kerja. Namun akibat adanya krisis ekonomi yang melanda Indonesia, banyak  terjadi Putus Hubungan Kerja (PHK) pada sektor formal ini. Untuk itu perlu dikembangkan lapangan kerja pada sektor informal yang justru kelihatannya sektor ini tidak mampu menampung tenaga kerja seperti harapan kita, namun pada kenyataannya sektor informal bisa menjadi penyelamat bagi masalah ketenagakerjaan yang kita hadapi. Banyak bidang informal yang berpotensi untuk diangkat dan digali menjadi salah satu bidang usaha yang menghasilkan keuntungan dan pendapatan keluarga sekaligus dapat menyerap tenaga kerja. Usaha berdagang merupakan salah satu alternatif lapangan kerja informal, yang ternyata banyak menyerap tenaga kerja.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatasmaka diambil rumusan permasalahan sebagai berikut:

1.  Bagaimana  modal dagang berpengaruh terhadap  keuntungan pedagang di Pasar Grosir Batik Sentono Pekalongan.

2.  Bagaimana  jam berdagang berpengaruh  terhadap  keuntungan pedagang di Pasar Grosir Batik Sentono Pekalongan.

3.  Bagaimana  pengalaman berdagang berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang batik di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan.

4.  Bagaimana  tenaga kerja  berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan.

5.  Bagaimana  produk yang dijual  berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan.

Tujuan Penelitian 

Tujuan  utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat keuntungan usaha para pedagang di Pasar Grosir Batik Setono di Pekalongan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer tersebut diambil dari wawancara, yaitu dengan berdialog langsung dengan para responden, observasi atau pengumpulan data melalui pengamatan dan pencatatan secara sistematis pada objek penelitian, dan kuisioner yang disebarkan kepada para pedagang di  Pasar  Grosir  Batik Setono Pekalongan.

Kesimpulan

Hasil analisis data yang diperoleh dari  pedagang    dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel  modal  yang dibutuhkan  pedagang mempunyai pengaruh yang signifikan/positif  terhadap besarnya keuntungan yang diperoleh pedagang Pasar Setono Pekalongan, jadi hipotesis yang menyatakan bahwa modal yang dibutuhkan pedagang terbukti mempunyai pengaruh terhadap keuntungan pedagang.

2.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel jam berdagang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan  pedagang, jadi hipotesis yang menyatakan bahwa pengalaman usaha yang dibutuhkan  pedagang  mempunyai pengaruh  terhadap keuntungan ternyata tidak terbukti.

3.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel pengalaman usaha yang dibutuhkan pedagang  Pasar Setono Pekalongan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan  pedagang ,  jadi hipotesis yang menyatakan bahwa pengalaman usaha yang dibutuhkan pedagang terbukti mempunyai pengaruh positif.

4.   Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pedagang Pasar Setono Pekalongan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan pedagang, jadi hipotesis yang menyatakan bahwa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pedagang terbukti mempunyai pengaruh terhadap keuntungan pedagang

5.  Berdasarkan hasil regresi, analisis statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa variabel  dummy produk yang dijual  tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya keuntungan pedagang, jadi hipotesis yang menyatakan bahwa produk yang dijual  oleh pedagang  mempunyai pengaruh  terhadap keuntungan  tidak terbukti.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *