Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Coffee Shop

Skripsi Ekonomi~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Coffee Shop Di Surakarta

coffe shop Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Coffee Shop Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Coffee Shop coffe shop

Latar Belakang Skripsi 

Ditengah sektor ekonomi yang lesu karena imbas dari krisis ekonomi yang menyebabkan ketimpangan antara pertumbuhan penduduk dan penyediaan lapangan kerja yang tidtesisak memadai, sehingga timbul banyaknya permasalahan pengangguran yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut terjadi karena banyak perusahaan yang tidak mempertahankan usahanya yang berakibat berkurangnya lapangan pekerjaan. Permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia dewasa ini memang merupakan permasalahan yang cukup rumit.

Hal ini terjadi karena lapangan kerja formal tidak mampu menyerap seluruh tenaga kerja yang ada akibat makin kuatnya proses modernisasi yang bergerak bias menuju sifat – sifat yang dualistis, masalah ini ditambah lagi dengan kemampuan para angkatan kerja yang kebanyakan mempunyai pendidikan dan ketrampilan yang relatif rendah, sedangkan di sisi lain lapangan kerja formal menuntut pengetahuan dan kemampuan teknis yang relatif tinggi.  Kondisi ini menyebabkan peningkatan jumlah pengangguran dan berbagai macam penyakit sosial lainnya. Para penganggur mempunyai beberapa ciri khas, yaitu banyak diantaranya yang berumur relatif muda dan belum kawin, berpendidikan sekolah lanjutan, dan berinspirasi bekerja di sektor formal dengan gaji dan pekerjaan yang relatif tetap (Manning dan Effendi, 1991:1).

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahan penelitian iniadalah:

1.  Adakah pengaruh modal terhadap keuntungan coffee shop?

2.  Adakah pengaruh jumlah tenaga kerja terhadap keuntungan coffee shop?

3.  Adakah pengaruh jam kerja terhadap keuntungan coffee shop?

4.  Adakah pengaruh fasilitas terhadap keuntungan coffee shop?

5.  Adakah pengaruh promosi terhadap keuntungan coffee shop?

Tujuan Penelitian 

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh modal, jumlah tenaga kerja, jam kerja, fasilitas dan promosi terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Penelitian ini mengambil seluruh populasi coffee shop di Surakarta yaitu berjumlah 21  coffee shop. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dan uji statistik.

Kesimpulan

1.  Variabel modal secara parsial dengan tingkat signifikansi 5% didalam penelitian ini ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta. Terjadi perbedaan teori dan kenyataan yang sebenarnya pada  coffee shop di Surakarta. Penambahan modal menurut penulis tidak akan terlalu berpengaruh terhadap besarnya keuntungan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa modal mempunyai pengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta tidak terbukti.

2.  Variabel jumlah tenaga kerja secara parsial dengan tingkat signifikansi 5% didalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta. Baik pada teori maupun kenyataan yang sebenarnya pada coffee shop di Surakarta jumlah tenaga kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap keuntungan. Penambahan jumlah tenaga kerja akan menyebabkan kenaikan pada besarnya keuntungan  coffee shop tersebut. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta terbukti.

3.  Variabel jam kerja secara parsial dengan tingkat signifikansi 5% didalam penelitian ini ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta. Terjadi perbedaan teori dan kenyataan yang sebenarnya pada  coffee shop di Surakarta. Jam kerja meningkat atau menurun menurut penulis tidak akan terlalu berpengaruh terhadap penurunan atau peningkatan keuntungan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa jam kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta tidak terbukti

4.  Variabel fasilitas secara parsial dengan tingkat signifikansi 5% didalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keuntungan  coffee shop di Surakarta. Baik pada teori maupun kenyataan yang sebenarnya pada coffee shop di Surakarta fasilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap keuntungan. Penambahan fasilitas akan menyebabkan kenaikan pada besarnya keuntungan  coffee shop  tersebut. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa fasilitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap keuntungan coffee shop di Surakarta terbukti

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *