Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri

Skripsi Ekonomi~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri Percetakan Di Kota Surakarta Tahun 2010

modal-ventura Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri modal ventura

Latar Belakang Skripsi 

Usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidtesisup suatu bangsa yang seringkali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita  dicapai melalui pembangunan ekonomi. Tujuan pembangunan ekonomi disamping untuk menaikkan pendapatan nasional riil juga untuk meningkatkan produktivitas.

Kegiatan pembangunan ekonomi pada hakekatnya merupakan kegiatan produksi, dimana untuk memproduksi dibutuhkan input. Atas dasar teknologi tertentu, akan mempengaruhi berapa jumlah input yang diperlukan seirama dengan dinamika pembangunan yang sedang berjalan. Sementara kita dihadapkan pada tatanan kehidupan perekonomian yang mengarah pada situasi global dimana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat dan kuat. Pembangunan harus dapat dinikmati seluruh masyarakat sebagai peningkatan kesejahteraan lahir dan batin secara adil dan merata. Untuk menyelenggarakan pembangunan ekonomi, yang terutama akan dilaksanakan dengan industrialisasi. Proses industrialisasi dan pembangunan industri sebenarnya merupakan satu jalur kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam arti tingkat hidup yang lebih maju maupun taraf hidup yang lebih berkualitas.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang seperti telah diungkapkan di atas, perumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah:

1.  Seberapa besar pengaruh dari faktor-faktor produksi  seperti modal, tenaga kerja dan bahan baku dalam proses produksi pada industri percetakan di Kota Surakarta?

2.  Bagaimana efisiensi ekonomi industri percetakan di Kota Surakarta?

3.  Pada skala produksi manakah industri  percetakan di Kota Surakarta melaksanakan usahanya, apakah dalam keadaan  increasing return to scale, decreasing return to scale atau constant return to scale ?

Tujuan Penelitian 

Kegiatan penelitian ini diadakan degan tujuan yaitu ingin mngetahui bagaimana besar pengaruh faktor-faktor produksi terhadap industri percetakan,efisiensi ekonominyak,serta skala apa yang digunakan industri percetakan untuk melaksanakan usahanya.

Kesimpulan

Kesimpulan dan saran  ini merupakan dari penelitian mengenai “Analisis  Industri  Percetakan di Kota Surakarta”.  Kesimpulan dan saran diuraikan sebagai berikut :

1.  Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa modal, bahan baku, dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produksi industri percetakan di Kota Surakarta. Hal ini berarti, jika modal, bahan baku, dan tenaga kerja mengalami peningkatan, maka produksi industri percetakan di Kota Surakarta juga akan mengalami peningkatan yang signifikan.

2.  Hasil analisis efisiensi bahwa nilai MPP variabel X adalah  16189  lebih besar dari nilai APP adalah 0,11657 yang berarti penggunaan input pada produksi industri percetakan di Kota Surakarta adalah belum efisien.

3.  Skala produksi  terhadap hasil menunjukkan angka 2,029120  hal ini menunjukkan skala hasil yang meningkat atau Increasing Return to Scale (b1+b2+b3 > 1). Jadi apabila faktor produksi ditambah jumlahnya, maka akan terjadi penambahan nilai produksi yang menguntungkan atau industri  percetakan Kota  Surakarta  akan mengalami  peningkatan yang signifikan

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *