Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah  Uang Beredar Di Indonesia  Periode 1985 – 2005

peredaran uang Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah  Uang Beredar Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah  Uang Beredar peredaran uang

Latar Belakang Skripsi 

Pada saat krisis terjadinya peningkatan jumlah uang yang cukup pesat, peningkatan keinginan masyarakat untuk memegang uang tunai disebabkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap system perbankan yang ada dengan terjadinya  rush  (pengambilan uang besar-besaran secara serentak oleh masyarakat) diberbagai bank diseluruh Indonesia, sedangkan kenaikan M2 terjadi  karena peningkatan uang kuasi yang terdiri dari simpanan rupiah dan simpanan valuta asing (Darmansyah : 2005).

Seperti yang dikatakan oleh Keynes (Nopirin : 1992; 117) dimana permintaan uang kas untuk tujuan transaksi ini tergantung dari pendapatan. Makin  tinggi pendapatan, makin besar keinginan akan uang kas untuk transaksi. Seseorang atau masyarakat yang tingkat pendapatannya tinggi, biasanya melakukan transaksi yang lebih banyak dibandingkan seseorang atau masyarakat yang pendapatannya lebih rendah. Penduduk yang tinggal di kota besar cenderung melakukan transaksi lebih besar dibanding penduduk yang tinggal di kota kecil (atau pedesaan).

Rumusan Masalah 

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah :

1.  Bagaimana pengaruh Produk Domestik Bruto terhadap jumlah uang beredar di Indonesia sebelum dan sesudah krisis moneter?

2.  Bagaimanan pengaruh kurs terhadap jumlah uang beredar di Indonesia sebelum dan sesudah krisis moneter?

3.  Bagaimana pengaruh suku bunga terhadap jumlah uang beredar di Indonesia sebelum dan sesudah krisis moneter?

4.  Variabel apa yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap jumlah uang beredar di indonesia sebelum dan sesudah krisis moneter?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh variabel Produk Domestik Bruto riil yang mewakili pendapatan nasional, suku bunga,  kurs Dollar terhadap Rupiah terhadap  Jumlah  Uang  Beredar M2 yang terjadi di Indonesia pada kurun waktu tahun 1985  sampai 2005 dengan metode Ordinary Least Squares (OLS).

 Simpulan 

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh variabel Produk Domestik Bruto riil yang mewakili pendapatan nasional, suku bunga,  kurs Dollar terhadap Rupiah terhadap  Jumlah  Uang  Beredar M2 yang terjadi di Indonesia pada kurun waktu tahun 1985  sampai 2005 dengan metode Ordinary Least Squares (OLS), dari hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1.  Produk Domestik Bruto (PDB) mempunyai  pengaruh yang positif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia nilai koefisien sebesar  0.168556, yang berarti jika PDB naik 1 rupiah   maka jumlah uang beredar naik sebesar  0.168556 rupiah..

2.  Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia. Koefisien elastisitas SBI sebesar  -9467.846 menujukkan bahwa jika SBI dinaikan 1%, maka jumlah uang beredar turun sebesar -9467.846 rupiah.

3.  Kurs mempunyai pengaruih yang positif terhadap jumlah uang beredar di Indonesia. Nilai koefisien elastisitas  Kurs rupiah sebesar  108.8398 yang berarti jika kurs rupiah naik maka akan berakibat naiknya jumlah beredar sebesar  108.8398 rupiah.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *